ANALISIS DAN PERANCANGAN MANAJEMEN BANDWIDTH DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE QUEUE DAN QUEUE TREE PADA ROUTER (Studi Kasus : RS. Paru Dr. H.A. Rotinsulu)

Asep Suryaman, Mhs (2020) ANALISIS DAN PERANCANGAN MANAJEMEN BANDWIDTH DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE QUEUE DAN QUEUE TREE PADA ROUTER (Studi Kasus : RS. Paru Dr. H.A. Rotinsulu). Skripsi(S1) thesis, Universitas PAsundan.

[img]
Preview
Text
Asep Suryaman_173040134_Teknik Informatika.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Teknologi informasi semakin berkembang seiring dengan manusia yang menginginkan kemudahan, kecepatan dan keakuratan dalam memperoleh informasi, salah satunya yaitu jaringan internet. Jaringan komputer yang sering digunakan untuk suatu lembaga dan instansi-instansi umum lainnya ialah jaringan LAN, tidak terkecuali instansi kesehatan yakni Rumah Sakit Paru Dr. H.A. Rotinsulu. Di Instansi ini telah menggunakan dua Internet Service Provider dengan penggunaan bandwidth yang maksimal pada keduanya, juga telah menerapkan metode simple queue untuk manajemen bandwidth-nya. Akan tetapi metode ini menyulitkan administrator dalam pengelolaan bandwidth dikarenakan banyaknya pengguna internet dengan kebutuhan yang berbeda-beda. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis manajemen bandwidth metode simple queue dan mengimplementasikan metode queue tree. Dalam penelitian ini data diperoleh dengan cara obeservasi dan studi literatur. Pengujian menggunakan Mikrotik Router Board dengan komputer yang disambungkan via wired dan komputer disambungkan melalui jaringan wireless. Hasil penelitian ini adalah memudahkan administrator dalam mengatur bandwidth dengan metode queue tree. Kata kunci : manajemen bandwidth, bandwidth, simple queue, queue tree, mikrotik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 21 Oct 2020 23:13
Last Modified: 21 Oct 2020 23:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49619

Actions (login required)

View Item View Item