PERILAKU WARIA DI KOTA BANDUNG ( Studi Dramaturgi Mengenai Perilaku Waria di Kota Bandung )

Nafisah Almira Rahma Reyhan, 162050316 (2020) PERILAKU WARIA DI KOTA BANDUNG ( Studi Dramaturgi Mengenai Perilaku Waria di Kota Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar persetujuan.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku yang berada di Panggung Depan serta Panggung Bekalang dari seorang waria di Kota Bandung (Studi Dramaturgi mengenai perilaku waria di Kota Bandung). Untuk menjawab masalah tersebut makan diangkat sub fokus dan sub fokus penelitian sebagai berikut: Panggung depan, panggung belakang, Sub fokus tersebut merupakan pendukung dari fokus penelitian yaitu: pria yang menjadi seorang wanita (Waria) di Kota Bandung. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatfif dengan menggunakan studi dramaturgi, subjek penelitian adalah seorang pria yang menjadi seorang wanita (Waria). Informan dipilih dengan teknik depth interview (wawancara mendalam), untuk informan penelitian berjumlah 5 orang Waria, dan agar lebih jelas serta memperkuat data adanya informan ahli yaitu Psikolog serta informan akademis yang merupakan Dosen Psikologi. Data penelitian diperolah melalui wawancara secara mendalam, observasi, dokumentasi, studi pustaka dan penelusuran data online. Untuk uji validitas data menggunakan teknik yaitu teknik triangulasi data. Adapun teknik analisis data dengan cara mereduksi data, mengumpulkan data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa panggung depan (front stage) dari waria yang hamper semuanya memerankan panggung depannya saecara baik dan sempurna sesuai dengan peran mereka yang ada di masyarakat, mereka berperan layaknya actor atau aktris dalam suatu pertunjukan drama panggung. Namun pada panggung belakang (back stage), waria memainkan sebuah peran yang utuh. Sehingga perilaku mereka saat berada di panggung depan (front stage) dan panggung belakang (back stage) memiliki suatu peran yang sangat berbeda dan mereka berdramaturgi dalam menjalani seubuah kehidupannya . Kesimpulan dari hasil penelitian, bahwa waria memerankan peran yang berbeda ketika berada di panggung depan dan belakang dan perilaku yang tumbuh pada dirinya adalah hasil dari cara dia bersosialisasi di lingkungan, baik dalam lingkungan masyarakat ataupun keluarganya. Saran yang dapat peneliti berikan yaitu dimana komunikasi memeiliki peranan yang sangat penting dalam menampilkan karakter seseorang, sebaiknya setiap individu dapat memeinkan peran dengan sebaik mungkin dimanapun mereka berada. Kata kunci : Dramaturgi, Waria, Panggung depan, Panggung belakang

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2016
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 21 Oct 2020 13:04
Last Modified: 21 Oct 2020 13:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49617

Actions (login required)

View Item View Item