EKSISTENSI IBU MUDA DI MEDIA SOSIAL FACEBOOK (Studi Deskriptif Kualitatif Eksistensi Ketika Menghadapi Konflik Di Media Sosial Facebook Pada Ibu Muda Di Rengasdengklok)

Sylvi Handayani, 162050341 (2020) EKSISTENSI IBU MUDA DI MEDIA SOSIAL FACEBOOK (Studi Deskriptif Kualitatif Eksistensi Ketika Menghadapi Konflik Di Media Sosial Facebook Pada Ibu Muda Di Rengasdengklok). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover EKSISTENSI IBU MUDA DI MEDIA SOSIAL FACEBOOK.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 & 2.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan .pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana eksistensi diri yang ditunjukkan oleh ibu muda dimedia sosial Facebook, citra diri yang dibentuk serta konflik yang terjadi didalam rumah tangga. Penelitian ini dilaksanakan di Dusun Blokkraton Rengasdengklok Karawang Jawa Barat. Penentuan yang menjadi subyek penelitian dilakukan dengan cara purposive menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam kepada ibu muda dan ibu modern yang ada di Rengasdengklok Karawang. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa hal yang terkait dengan eksistensi diri pada ibu muda. Eksistensi yang ditunjukkan pada ibu muda dimedia sosial Facebook merupakan cara ibu muda untuk menunjukkan kehidupan didalam rumah tangganya yang baru dengan status sebagai istri dan ibu muda, adanya kepuasan tersendiri bagi ibu muda ketika menyalurkan konflik rumah tangganya kedalam media sosial Facebook yang tidak bisa dikomunikasikan secara langsung kepada yang bersangkutan. Dari eksistensi itu juga membentuk citra diri ibu muda didalam media sosial Facebook sebagai citra yang buruk karena mengumbar konflik rumah tangganya kedalam media sosial Facebook. Berdasarkan hasil analisis dan kesimpulan pada bab pembahasan maka peneliti mengajukan saran-saran sebagai berikut: ibu muda perlu lebih membuka diri dan lebih bisa berkomunikasi secara langsung kepada suami atau orang-orang yang memiliki konflik dengannya agar menghindari kesalahpahaman dan konflik yang berkepanjangan, lebih bisa meredam ego dalam menyikapi konflik dalam rumah tangga dan tidak selalu melulu mengumbarnya ke dalam media sosial Facebook. Kata Kunci: Eksistensi diri, citra diri, media sosial

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2016
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 21 Oct 2020 07:08
Last Modified: 21 Oct 2020 07:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49606

Actions (login required)

View Item View Item