WANPRESTASI PENGELOLA PUSAT PERBELANJAAN SAYATI INDAH TERHADAP PEDAGANG DALAM PERJANJIAN PENGELOLAAN PUSAT PERBELANJAAN SAYATI INDAH DIHUBUNGKAN DENGAN BUKU III KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PERDATA

Moch. Fahrizaly Syaiful Aziz, 151000058 (2020) WANPRESTASI PENGELOLA PUSAT PERBELANJAAN SAYATI INDAH TERHADAP PEDAGANG DALAM PERJANJIAN PENGELOLAAN PUSAT PERBELANJAAN SAYATI INDAH DIHUBUNGKAN DENGAN BUKU III KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PERDATA. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
E.DAFTAR ISI.pdf

Download (18kB) | Preview
[img] Text
H.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
Text
A.COVER.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
F.BAB I.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
G.BAB II.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text
I.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
J.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
Text
K.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (41kB) | Preview

Abstract

iv ABSTRAK Wanprestasi adalah tidak terpenuhinya atau lalai melaksanakan kewajiban (prestasi) sebagaimana yang ditentukan dalam perjanjian yang dibuat antara kreditur dengan debitur. Salah satu permasalahan yang terjadi dalam praktik adalah adanya wanprestasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Sayati Indah terhadap Pedagang dalam Perjanjian Pengelolaan Pusat Perbelanjaan Sayati Indah,Permasalahan yang dibahas adalah bagaimana terjadinya wanprestasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Sayati Indah terhadap Pedagang dalam perjanjian Pengelolaan Pusat Perbelanjaan Sayati Indah, bagaimana akibat hukum dari wanprestasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Sayati Indah terhadap Pedagang dalam perjanjian Pengelolaan Pusat Perbelanjaan Sayati Indah dihubungkan dengan Buku III Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, Bagaimana upaya penyelesaian dari wanprestasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Sayati Indah terhadap Pedagang dalam perjanjian Pengelolaan Pusat Perbelanjaan Sayati Indah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan Spesifikasi penelitian yaitu metode Deskriptif Analitis untuk menuliskan fakta dan memperoleh gambaran menyeluruh mengenai peraturan perundang-undangan dan dikaitkan dengan teori-teori hukum dalam praktik pelaksanaannya yang menyangkut permasalahan yang diteliti. Metode pendekatan yang digunakan metode Yuridis Normatif yaitu dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder sebagai bahan dasar untuk diteliti dengan melakukan penelusuran terhadap peraturan-peraturan dan literatur-literatur yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Tahap penelitian yang digunakan yaitu penelitian kepustakaan atau penelitian terhadap data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, sekunder dan tersier, selanjutnya tahap penelitian lapangan yaitu memperoleh data yang bersifat primer yaitu mengadakan wawancara. Teknik pengumpulan data berupa studi dokumen yaitu suatu proses pengadaan data untuk keperluan penelitia, Alat pengumpulan data dengan cara menginventarisasi bahan-bahan hukum berupa catatan yang relevan serta pengambilan data berupa wawancara dianalisis secara yuridis kualitatif yaitu bertitik dari peraturan yang ada sebagai hukum positif kemudian di analisis yang bertitik tolak pada usaha penemuan asas dan informasi. Hasil penelitian tentang terjadinya wanprestasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Sayati Indah terhadap Pedagang dalam perjanjian Pengelolaan Pusat Perbelanjaan Sayati Indah telah melanggar isi perjanjian yang sudah disepakati, terjadi ketika pihak Pengelola tidak mengangkut sampah di Pusat Perbelanjaan Sayati Indah. Sebenarnya telah terjadi pemenuhan prestasi (pengangkutan sampah dari Pusat Perbelanjaan Sayati Indah), akan tetapi prestasi yang dilakukan tidak sempurna (dimulai pada tahun 2010, pihak pengelola Pusa Perbeanjaan Sayati Indah seringkali membiarkan sampah menumpuk dan tidak mengankutnya). Akibat hukum dari wanprestasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Sayati Indah terhadap Pedagang dalam perjanjian Pengelolaan Pusat Perbelanjaan Sayati Indah yaitu berdasarkan Pasal 1267 KUHPerdata pengelola Pusat harus mengganti kerugian yang telah dialami oleh pedagang yang telah membayar uang retribusi namun sampah tidak diangkut setiap hari. Upaya penyelesaian dari wanprestasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Sayati Indah terhadap Pedagang dalam perjanjian Pengelolaan Pusat Perbelanjaan Sayati Indah dapat melalui non litigasi berupa negoisasi dengan cara bermusyawarah antara kedua belah pihak untuk meyelesaikan beda pendapat terhadap pelaksanaan perjanjian. Apabila cara non litigasi tidak dapat tercapai sebuah hasil yang diharapkan oleh kedua belah pihak, maka dapat dilakukan cara litigasi atau proses beracara di pengadilan. Kata kunci : Wanprestasi, Pengelola Pusat Perbelanjaan, Pedagang, Perjanjian, Buku III KUHPerdata

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2018
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 20 Oct 2020 06:10
Last Modified: 20 Oct 2020 06:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49549

Actions (login required)

View Item View Item