PEMBERDAYAAN UNTUK KETAHANAN KELUARGA (Studi pada Keluarga yang Mendapatkan Program Motivator Ketahanan Keluarga di Desa Sindang Galih Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang)

Isma Meitisya Nurhafnissa, 162020023 (2020) PEMBERDAYAAN UNTUK KETAHANAN KELUARGA (Studi pada Keluarga yang Mendapatkan Program Motivator Ketahanan Keluarga di Desa Sindang Galih Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan, menggambarkan bentuk - bentuk pemberdayaan, proses pemberdayaan, faktor - faktor pendukung dan penghambat, upaya - upaya untuk mengatasi hambatan , peran Motekar, dan implikasi praktis pekerjaan sosial dari hasil pemberdayaan untuk ketahanan keluarga. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, berlokasi di Desa Sindang Galih Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk- bentuk pemberdayaan yang diberikan oleh Motekar adalah pendataan legalitas, pemanfaatan tanaman, mengikuti program- program lain dan penyelesaian masalah kekerasan dalam rumah tangga dan pelecehan seksual. Proses pemberdayaan yang dilakukan oleh Motekar dimulai dengan adanya keluarga yang melapor mengenai masalahnya hingga penyelesaian masalah dengan bekerja sama dengan pihak kepolisian, Adapun faktor pendukung dan penghambat tenaga Motekar dan keluarga seperti hambatan geografis, hambatan teknis, hambatan sumber daya manusia (SDM). Upaya- upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan di atas dengan melakukan pembagian tugas, melakukan koordinasi dengan desa, RT, dan RW bahkan kepolisian. Adapun Peran- peran yang dijalankan oleh Motekar adalah sebagai pemberdaya bagi keluarga rentan dan pra sejahtera, identifikator, motivator, mediator, perencana, pendidik dan advokat. Rekomendasi kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sumedang dan Desa Sindang Galih diharapkan bisa lebih memperluas, meningkatkan kinerja, dan mengawasi program Motekar agar kedepannya bisa lebih baik. Kata Kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Ketahanan Keluarga, Motivator Ketahanan Keluarga

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2016
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 20 Oct 2020 03:07
Last Modified: 21 Oct 2020 09:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49519

Actions (login required)

View Item View Item