PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Expost Facto di SD Negeri 2 Langensari Kabupaten Bandung Barat)

YOGI FIRMAN MAULANA, 155060031 (2020) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Expost Facto di SD Negeri 2 Langensari Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB I.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 BAB II.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text
8 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
9 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text
10 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img]
Preview
Text
11 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV, V, dan VI di SDN 2 Langensari, yang mana siswa-siswinya mempunyai latar belakan keluarga yang berbeda-beda. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian Ex-Post facto, di mana variabel-variabel bebas telah terjadi ketika peneliti memulai dengan pengamatan variabel terikat dalam suatu penelitian. Pengambilan data dengan menyebarkan lembar angket atau kuesioner. Berdasarkan pengolahan data dengan menggunakan SPSS versi 16 perolehan koefisien determinasi sebesar 0,183 yang berarti pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa sebesar 18,3% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. berdasarkan perolehan data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa, hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji hipotesis menggunakan analisis uji regresi linier sederhana diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 sesuai dengan kriteria pengujian maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa lingkungan keluarga mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar siswa, yang mana jika peran lingkungan keluarga ditingkatkan maka akan diikuti oleh peningkatan prestasi belajar dan sebaliknya. Kata kunci : Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar, EX-Post facto

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 17 Oct 2020 08:22
Last Modified: 17 Oct 2020 08:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49457

Actions (login required)

View Item View Item