PENGUKURAN CAPABILITY LEVEL TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA SISTEM COSTUMER COMPLAIN HANDLING DI KANTOR POS MUARA ENIM SUMATERA SELATAN

Azmilia Hanifah Adhiatma, mhs and DJUNAEDY SAKAM, DS (2020) PENGUKURAN CAPABILITY LEVEL TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA SISTEM COSTUMER COMPLAIN HANDLING DI KANTOR POS MUARA ENIM SUMATERA SELATAN. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
AzmiliaHanifahAdhiatma_183040182_TeknikInformatika.pdf

Download (691kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Teknologi informasi pada era ini sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk menunjang berjalannya proses bisnis secara efektif dan efisien pada perusahaan. Kantor Pos Muara Enim menerapkan teknologi informasi untuk mendukung pelayanan barang dan jasanya terutama pada tahap pengaduan atau komplain. Layanan Teknologi Informasi tersebut diterapkan dalam bentuk aplikasi berbasis web dengan nama Sistem Customer Complain Handling (CCH). Namun permasalahannya penerapan TI tersebut tidak disertai dengan proses monitoring dan pengevaluasian yang rutin sehingga beberapa proses bisnis yang terkait dan sedang berjalan mengalami kendala. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kondisi tata kelola TI pada proses monitoring dan evaluasi pada Sistem Customer Complain Handling di Kantor Pos Muara Enim yang mengacu pada kerangka kerja COBIT 5 domain Monitor, Evaluate and Assess (MEA). Tahapan dalam pengerjaan Tugas Akhir ini dimulai dengan identifikasi masalah, study literatur, analisis objek penelitian, dan pengolahan hasil dan pembahasan tata kelola TI pada domain Monitor, Evaluate and Assess. Hasil akhir dari penelitian ini adalah berupa saran untuk tata kelola TI kedepannya pada proses monitoring dan evaluasi sistem, dengan memanfaatkan kerangka kerja COBIT 5 sebagai acuan dalam pengukuran tata kelolanya. Serta agar para pengelola kedepannya dapat mematuhi aturan yang sudah berlaku sehingga capability level telah sesuai dengan target yang diinginkan. Kata Kunci : Tata Kelola Teknologi Informasi, COBIT 5, Domain Monitor Evaluate and Assess (MEA), Sistem Customer Complain Handling.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 14 Oct 2020 05:48
Last Modified: 14 Oct 2020 05:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49133

Actions (login required)

View Item View Item