PENGARUH KONSENTRASI ASAM SITRAT DAN MALTODEKSTRIN TERHADAP KARAKTERISTIK TABLET EFFERVESCENTJAHE MERAH (Zingiber officinale Var Rubrum

Rika Rovika, Mhs (2020) PENGARUH KONSENTRASI ASAM SITRAT DAN MALTODEKSTRIN TERHADAP KARAKTERISTIK TABLET EFFERVESCENTJAHE MERAH (Zingiber officinale Var Rubrum. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
RIKA ROVIKA_153020071_TEKNOLOGI PANGAN..pdf

Download (575kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana pengaruhkonsentrasi asam sitrat dan konsentrasi maltodekstrin serta interaksi keduanya terhadap karakteristik effervescentjahe merah yang dihasilkan. Rancangan percobaan yang digunakan padapenelitian ini adalah pola faktorial (3x3) dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 3 kali ulangan. Rancangan perlakuan yang akan dilakukan pada penelitian ini terdiri dari dua faktor yaitu faktor konsentrasi asam sitrat (A) yang terdiri dari 3 taraf yaitu 8%, 10% dan 12% dan konsentrasi maltodekstrin (B) yang terdiri dari 3 taraf yaitu 5%, 10%, dan 15% sehingga diperoleh 27 satuan percobaan ulangan.Respon yang diamati terdiri dari tiga respon yaitu respon kimia meliputi kadar air metode gravimetri dan aktivitas antioksidan metode DPPH, respon fisik meliputi waktu larut, intensitas warna dan kekerasantablet, respon organoleptik menggunkan uji hedonikmeliputi 2 atribut yaitu aroma dan rasaHasil penelitian pendahuluan menghasilkan aktivitas antioksidan jahe merah nilai IC50 141,80 ppm dan pH jahe merah 6,12. Penelitian utama menunjukkan bahwa konsentrasi asam sitrat berpengaruh terhadap aroma dan rasa effervercent jahe merahtetapi tidak berpengaruh terhadap intensitas warna effervescent jahe merah, konsentrasi maltodekstrin berpengaruh terhadap intensitas warna tablet effervescent jahe merah, interaksi antara konsentrasi asam sitrat dan maltodekstrinberpengaruh terhadap intensitas warna dan waktu larut tetapi tidak berpengaruh terhadap aroma dan rasa. Produk tersebut mengandung kadar air sebesar 0,08 %.Kata kunci:Asam Sitrat,Effervescent, Jahe Merah, Maltodekstrin.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 09 Oct 2020 02:29
Last Modified: 09 Oct 2020 02:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49044

Actions (login required)

View Item View Item