IMPLEMENTASI MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS STRUKTUR TEKS EKSPOSISI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X SMK BINA SARANA CENDEKIA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Euis Komara, NPM :178090016 (2020) IMPLEMENTASI MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS STRUKTUR TEKS EKSPOSISI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X SMK BINA SARANA CENDEKIA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Euis Komara.docx

Download (0B)

Abstract

Euis Komara. 2019. Implementasi Model STAD (Student Team Achievement Divisions)dalam Pembelajaran Menganalisis Struktur Teks Eksposisi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMK Bina Sarana Cendekia Bandung Tahun Pelajaran 2019/2020. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung. Pembimbing (I) Dr. Titin Nurhayatin, M.Pd. (II) Dr.H. Uus Toharudin, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis struktur teks eskposisi dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas X SMK Bina Sarana Cendekia Bandung Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi (mixed method) dengan jenis penelitian tipe The Exploratory Squensial Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan menganalisis struktur teks eksposisi dan tes kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menganalisis struktur teks eksposisi di kelas X SMK Bina Sarana Cendekia Bandung. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah ; 1) Uji hipotesis bahwa nilai sig (2-tailed) nya 0,000 < 0,05/2, maka Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menganalisis struktur teks eksposisi dengan model STAD dan model konvensional (diskusi); 2) Kemampuan berpikir kritis peserta didik yang memeroleh model pembelajaran STAD lebih baik daripada kemampuan berpikir kritis peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 3) Peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang memeroleh model pembelajaran STAD lebih baik daripada peningkatan kemampuan peserta didik yang memeroleh model pembelajaran konvensional (diskusi). Kata kunci : Berpikir kritis, kemampuan menganalisis struktur teks eksposisi, STAD (Student Team Achievement Divisions).

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 01 Oct 2020 03:52
Last Modified: 01 Oct 2020 03:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48914

Actions (login required)

View Item View Item