ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARANMELALUI WHATSAPP GROUP SEBAGAIMEDIABELAJARSISWA ( Survei padasiswakelasXI IPStahunangkatan 2019 – 2020di SMA PGRI Cicalengkapada matapelajaranekonomi)

Annita Rachmitasari, 165020012 (2020) ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARANMELALUI WHATSAPP GROUP SEBAGAIMEDIABELAJARSISWA ( Survei padasiswakelasXI IPStahunangkatan 2019 – 2020di SMA PGRI Cicalengkapada matapelajaranekonomi). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (539kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (i) apakah penggunaan whatsapp Group efektif atau tidak sebagai media pembelajaran ekonomi di SMA PGRI Cicalengka (ii) mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan media whatsapp group pada pelajaran ekonomi di SMA PGRI Cicalengka. Lokasi penelitian yang dilakukan peneliti yaitu di SMA PGRI Cicalengka. Dimana rumusan penelitian ini adalah seberapa besar efektivitas penggunaan media whatsapp group pada pelajaran ekonomi di SMA PGRI Cicalengka?. Teknik pengumpulan data dengan cara : (i) melakukan wawancara kepada guru mata pelajaran ekonomi di SMA PGRI Cicalengka (ii ) penyebaran angket kepada siswa kelas XI IPS SMA PGRI Cicalengka. Teknik pengolahan data dengan cara menggunakan aplikasi SPSS 25 untuk mencari nilai minimum, maximum, mean dan nilai standar deviasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa : (i) nilai mean atau nilai rata – rata dari seluruh data sebesar 75,33 yang menunjukkan bahwa penggunaan whatsapp group sebagai media belajar siswa di SMA PGRI Cicalengka efektif untuk digunakan, karena berada pada rentang 41 – 60. Sesuai dengan interprestasi tingkat efektifitas pembelajaran dimana interval > 41% dinyakatan cukup efektif pada pembelajaran. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran : (i) bagi siswa untuk lebih antusias terhadap pembelajaran daring agar tidak tertinggal oleh perkembangan teknologi dalam melakukan pembelajaran daring (ii) bagi guru untuk mampu mengikuti perkembangan teknologi agar bisa menerapkan pembelajaran daring, (iii) bagi sekolah diharapkan mampu meningkatkan pembelajaran daring dengan menigkatkan fasilitas internet yang menjadi salah satu kendala dalam pemelajaran daring (iv) peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian dengan topik sama untuk mencari informasi lebih luas dan referensi lebih banyak agar hasil penelitian bisa lebih baik lagi. Kata Kunci : Efektifitas pembelajaran, media belajar, whatsapp group, mata pelajaran ekonomi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 30 Sep 2020 08:55
Last Modified: 30 Sep 2020 08:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48906

Actions (login required)

View Item View Item