ANALISIS KESULITAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PELAJARAN MATEMATIKA

TISSA NUR KAMILLAH, 165060122 (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PELAJARAN MATEMATIKA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover_Tissa_165060122.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar_Pengesahan_Tissa_165060122.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkesan.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I_Tissa_165060122.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAb_II_Tissa_165060122.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] Text
BAB_III_Tissa_165060122.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] Text
BAB_IV_Tissa_165060122.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] Text
BAB_V_Tissa_165060122.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img]
Preview
Text
Daftar_Pustaka_Tissa_165060122.pdf

Download (195kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis dari studi literatur seberapa besar kesulitan siswa sekolah dasar menyelesaikan soal cerita, langkah-langkah untuk mengatasinya, dan mengetahui hasil yang diperoleh setelah menggunakan langkah-langkah meminimalisir kesulitan siswa menyelesaikan soal cerita pelajaran matematika. Berdasarkan fenomena yang didapat dari penelitian terdahulu bahwa penyebab kesulitan siswa menyelesaikan soal cerita tersebut dan ketika soal tersebut telah selesai dikerjakan belum tentu jawaban tersebut benar seperti halnya bahasa, membaca dan menulis kesulitan belajar matematika harus diatasi sedini mungkin terutama kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, yaitu metode penelitian yang bertujuan untuk mecari analisis data dengan berupa kata-kata tertulis atau lisan dan mempertimbangkan pendapat orang lain yang bisa disebut dengan narasumber. Jenis pendekatan penelitian ini menggunakan sudi kepustakaan berkaitan dengan kajian teoritis. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder didapat melalui berbagai sumber yaitu literatur artikel, serta situs di internet yang berkenaan dengan penelitian yang dilakukan. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara editing, organizing, dan finding. Hasil analisis data ini dengan cara deduktif dan induktif. Berdasarkan hasil kajian dari analisis kesulitan siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan soal cerita pelajaran matematika yang mengalami kesulitan dapat dialami dengan tingkat manapun yang disebabkan oleh faktor fisiologis, sosial, emosional, intelektual, pedagogis. Hasil dari analisis penelitian mengatasi kesulitan siswa menyelesaikan soal cerita menggunakan langkah-langkah Polya bahwa siswa mampu mengatasi kesulitan menyelesaikan soal cerita pelajaran matematika. Kata kunci: Kesulitan, Soal Cerita

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 30 Sep 2020 04:07
Last Modified: 30 Sep 2020 04:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48893

Actions (login required)

View Item View Item