ANALISIS PENGGUNAAN GADGET TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR (Studi Literatur)

FITIYA ADILA, 165060125 (2020) ANALISIS PENGGUNAAN GADGET TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR (Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.Cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.Pengesahan.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.Abstrak.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.Abstract.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.Ringkesan.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.Bab I.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10.Bab II.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text
11.Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
12.Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] Text
13.Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
14.Daftar Pustaka.pdf

Download (107kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Analisis ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan gadget terhadap hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam analisis ini yaitu kualitatif sehingga akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang bersifat studi pustaka (Library research). Jenis penelitian yang digunakan dalam analisis ini adalah studi pustaka, yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan pengumpulan data pustaka dengan mendalami, mencermati, menelaah, mengindentifikasi pengetahuan, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian yang bersumber dari buku-buku, jurnal, catatan, laporan, ensiklopedia, majalah, hasil-hasil penelitian (tesis dan disertasi) dan sumber lain yang relevan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu editing, organizing, dan finding. Serta dianalisis menggunakan analisis data deduktif, induktif dan komparatif. Hasil analisis yang telah dilakukan membuktikan bahwa penggunaan gadget pada peserta didik sekolah dasar dapat berpengaruh negatif maupun berpengaruh positif, maka dari itu perlu adanya pengawasan dan pengarahan yang baik dari orang tua maupun pendidik tentang bagaimana pemanfaatan dan penggunaan gadget yang dapat membantu dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan gadget pada kegiatan belajar dapat berpengaruh positif apabila gadget digunakan sebagai media pembelajaran seperti pemanfaatan gadget untuk mencari materi yang lebih luas, membantu dalam pembelajaran menulis, menghitung, membaca dan menjadi media yang menarik bagi peserta didik. Seperti didalam beberapa jurnal yang peneliti gunakan dalam analisisnya yang menyatakan bahwa jika intensitas penggunaan gadget diperhatikan dan pemanfaatannya benar maka akan berdampak positif pada hasil belajar peserta didik sehingga hasil belajar tersebut meningkat. Kata kunci : Gadget, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 30 Sep 2020 03:03
Last Modified: 30 Sep 2020 03:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48886

Actions (login required)

View Item View Item