PEMBANGUNAN GAME ENGINE DIGITAL GAME BASED LEARNING (DGBL) UNTUK PENGENALAN DOSEN (KASUS : PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU (PKKMB) PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS PASUNDAN)

Aria Bisma Wahyutama, Aria Bisma Wahyutama (2020) PEMBANGUNAN GAME ENGINE DIGITAL GAME BASED LEARNING (DGBL) UNTUK PENGENALAN DOSEN (KASUS : PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU (PKKMB) PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS PASUNDAN). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Aria Bisma Wahyutama_163040025_Teknik Informatika.pdf

Download (7MB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan istilah yang digunakan oleh Universitas Pasundan untuk menggambarkan masa orientasi mahasiswa. Pada masa orientasi itulah sangat penting bagi mahasiswa baru untuk mengenal dosen yang akan banyak membantu dalam proses perkuliahan, setidaknya yang ada di tingkat Program Studi. Sehingga, harus ada metode pengenalan yang dapat membantu mahasiswa mengenal dosen dengan baik. Setidaknya pada level fisik. Salah satu cara yang efektif adalah dengan menggunakan Digital Game Based Learning (DGBL), yang mana hal tersebut dikarenakan mahasiswa pada era sekarang sangat dekat dengan gawai sehingga akses akan sangat mudah. Dengan ditopang oleh teori pembelajaran dan taksonomi bloom, DGBL ini dianggap mampu menjadi metode yang cocok untuk mengenalkan dosen kepada mahasiswa Penelitian ini tidak hanya berhenti untuk membuat game yang bisa digunakan untuk satu Program Studi saja. Tapi juga dapat digunakan oleh semua Program Studi bahkan dapat digunakan untuk memperkenalkan bukan hanya dosen. Penelitian dilakukan dengan menggunakan studi literatur dan agar mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan pengenalan dosen tidak efektif, bagaimana cara penyampaian yang tepat, apa yang dapat dilakukan agar game tersebut dapat digunakan di berbagai Program Studi, komponen apa saja yang harus ada serta pembangunan produk penelitian. Hasil akhir penelitian ini adalah game engine yang dapat menjadi sebuah platform agar konten utamanya dinamis (dapat berubah-ubah) sesuai dengan Program Studi yang menggunakannya Kata kunci : PKKMB, mahasiswa baru, pengenalan dosen, metode efektif, DGBL, teori pembelajaran, taksonomi bloom, konten dinamis, game engine

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 30 Sep 2020 02:44
Last Modified: 30 Sep 2020 02:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48884

Actions (login required)

View Item View Item