TINDAK PIDANA PERDAGANGAN GADING GAJAH ILEGAL MELALUI MEDIA SOSIAL DI HUBUNGKAN DENGAN UNDANG UNDANG NOMOR 5 TAHUN 1990 TENTANG KONSERVASI SUMBER DAYA ALAM HAYATI DAN EKOSISTEMNYA

Ahmad Corniles Al Qadrie, 151000267 (2020) TINDAK PIDANA PERDAGANGAN GADING GAJAH ILEGAL MELALUI MEDIA SOSIAL DI HUBUNGKAN DENGAN UNDANG UNDANG NOMOR 5 TAHUN 1990 TENTANG KONSERVASI SUMBER DAYA ALAM HAYATI DAN EKOSISTEMNYA. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Hukum Universitas Pasundan.

[img] Text
A. COVER.pdf

Download (0B)
[img] Text
F.BAB I.pdf

Download (0B)
[img] Text
E.DAFTAR ISI.pdf

Download (0B)
[img] Text
G.BAB II.pdf

Download (0B)
[img] Text
I.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Text
H.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Text
J.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Text
K.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (0B)

Abstract

iii ABSTRAK Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman sumber daya alamnya, Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang ada di lingkungan alam yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup manusia agar lebih sejahtera. Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki keanekaragaman hayati, maka dari itu sangat pentingnya untuk menjaga keanekaragaman hayati yang dimiliki. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi fakta pentingnya melindungi kelestarian lingkungan khususnya satwa liar dalam rangka penegakan hukum khususnya hukum pidana. Terhadap ini, perlu di kaji tentang pertanggungjawaban pidana terhadap para pelaku tindak pidana perdagangan gading gajah illegal melalui media sosial? Faktor faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya tindak pidana perdagangan gading gajah illegal melalui media sosial? upaya penyelesaian terhadap tindak pidana perdagangan gading gajah ilegal melalui media sosial? Penelitian ini menggunakan spesifikasi penelitian analisis dengan pendekatan yuridis normatif dan dianalisis secara yuridis normatif yaitu menggunakan peraturan perundang-undangan yang di hubungkan dengan data primer dan skunder yang berasal dari literature hukum untuk membahas permasalahan hukum yang di ajukan penelitian. Skripsi ini secara sistematika terdiri dari 5 (lima) bab yang disusun secara sistematis untuk menguraikan fakta-fakta maupun analisis secara hukum dalam rangka penegakan hukum pidana terhadap perdagangan satwa liar yang dilindungi tersebut. Skripsi ini juga menganalisis putusan Pengadilan Negeri Pati tentang perdagangan ilegal gading gajah dari satwa liar yang dilindungi dengan register No. 98/Pid.B/LH/2019/PN.pti. Kajian dalam skripsi ini pertama sekali dituangkan dengan membahas aspek-aspek hukum pidana secara umum dan kaitan serta penerapannya dalam penegakan hukum. Pokok-pokok bahasan dan kajian tersebut kemudian diimplementasikan kembali dengan penegakan hukum yang nyata dilapangan melalui analisis putusan Pengadilan Negeri Pati tersebut. Permasalahan yang menjadi bahasan utama skripsi ini adalah apakah penegakan hukum pidana dapat melindungi satwa-satwa liar tersebut bila dikaitkan dengan vonis yang telah dijatuhkan oleh majelis Hakim kepada para terdakwa Hasil pembahasan skripsi ini berfokus kepada tidak sesuainya putusan Hakim yang dirasakan belum mencerminkan rasa keadilan dalam kasus perdaganganilegal gading gajah yang terjadi di Pengadilan Negeri Pati tersebut. Majelis Hakim hanya memvonis para terdakwa dengan pidana penjara selama 10 (sepuluh) bulan. Putusan ini dirasakan sangat tidak sesuai menurut teori-teori hukum pidana. Skripsi ini akan menguraikan fakta-fakta dalam kasus tersebut secara menyeluruh dengan mengkaji proses persidangan yang dimulai dari dakwaannya secara lengkap dan terstruktur. Kata kunci: Putusan Pengadilan Pidana, Penjualan Organ tubuh satwa Langka.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2018
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 26 Sep 2020 01:39
Last Modified: 26 Sep 2020 01:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48868

Actions (login required)

View Item View Item