PENERAPAN PRINSIP INDEMNITAS TERHADAP PENOLAKAN KLAIM ASURANSI ATAS TIDAK TERPENUHINYA REKAM MEDIS DIHUBUNGKAN DENGAN KUHD JO PERMENKES NOMOR 269/MENKES/PER/III/2008

Ravilka Yustitia Ismail, 161000124 (2020) PENERAPAN PRINSIP INDEMNITAS TERHADAP PENOLAKAN KLAIM ASURANSI ATAS TIDAK TERPENUHINYA REKAM MEDIS DIHUBUNGKAN DENGAN KUHD JO PERMENKES NOMOR 269/MENKES/PER/III/2008. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Hukum Unpas.

[img] Text
12 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[img]
Preview
Text
08 DAFTAR ISI.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
01 COVER.pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text
13 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img]
Preview
Text
09 BAB I.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 BAB II.pdf

Download (413kB) | Preview
[img] Text
11 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas adanya fakta hukum yang merugikan nasabah atas penolakan klaim asuransi dari perusahaan atau penanggung, dengan alasan nasabah tidak dapat memenuhi syarat adanya rekam medis penuh. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengkaji tentang penolakan klaim asuransi atas dasar tidak terpenuhinya rekam medis ditinjau berdasarkan prinsip indemnitas. (2) untuk mengkaji dan menganalisis akibat hukum dari tidak dipenuhinya rekam medis terhadap perjanjian asuransi dihubungan dengan KUHD, Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, dan Permenkes Nomor 269/MENKES/PER/III/2008, dan (3) untuk menemukan solusi penyelesaian klaim asuransi terhadap nasabah atas penolakan yang didasarkan syarat diserahkannya rekam medis penuh yang melibatkan peran Rumah Sakit, dan Dinas Kesehatan, serta OJK. Penelitian untuk skripsi ini menggunakan pendekatan yuridis normatif dengan menitik beratkan pada penelitian kepustakaan untuk memperoleh data sekunder. Spesifikasi penelitian bersifat deskriptif analitis, yaitu memaparkan aturan-aturan dan dihubungkan dengan teori hukum dan pelaksanaan hukum yang berkaitan. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, yang didukung dengan penelitian lapangan. Data dianalisis secara yuridis kualitatif. Dari pengolahan data sekunder yang didukung dengan data primer, dihasilkan penelitian sebagai berikut: Berdasarkan prinsip indemnitas bahwa penolakan klaim asuransi atas dasar tidak terpenuhinya rekam medis penuh tidak dapat dijadikan alasan penolakan kalim asuransi. Sebab, berdasarkan prinsip indemnitas yang meletakan kewajiban kepada para pihak penanggung. Akibat hukum dari tidak dipenuhinya rekam medis oleh tertanggung menimbulkan eksepsi terhadap penanggung, bahwa penanggung melanggar prinip indemnitas, melanggar Pasal 253 KUHD, melanggar Pasal 8 huruf (a) dan (j) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perindungan Konsumen, dan melanggar Permenkes Nomor 269/MENKES/PER/III/2008, sehingga Penanggung harus dikenakan sanksi pembinaan oleh OJK sebagaimana ditentukan dalam Pasal 9 Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 Tentang OJK. Solusi penyelesaian yang dapat dilakukan antara lain perlindungan hukum bagi tertanggung dan melakukan tindakan sanksi kepada penanggung. Kata kunci : asuransi, prinsip indemnitas, perlindungan konsumen, rekam medis, tertanggung, penanggung.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2018
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 04 Sep 2020 07:03
Last Modified: 04 Sep 2020 07:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48806

Actions (login required)

View Item View Item