PENERAPAN SISTEM OBJECTIVE MATRIX DALAM UPAYA OPTIMALISASI KINERJA PERAWAT (STUDI KASUS PERAWAT RUMAH SAKIT DUSTIRA CIMAHI)

Wulan Kartika, NPM. 178020160 (2020) PENERAPAN SISTEM OBJECTIVE MATRIX DALAM UPAYA OPTIMALISASI KINERJA PERAWAT (STUDI KASUS PERAWAT RUMAH SAKIT DUSTIRA CIMAHI). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Wulan Kartika_MM - Copy.docx

Download (31kB)

Abstract

Peran manajerial sangat penting dalam meningkatkan kinerja karyawan di RS Dustira di tengah sejumlah permasalahan yang dialami oleh RS Dustira seperti penurunan jumlah pasien karena pengelolaan yang kurang profesional, kinerja perawat yang belum maksimal, tidak adanya konsistensi dalam pemberian informed consent, dan rendahnya employee value proposition. Sebagai respon dalam meningkatkan kinerja atau produktivitas, RS Dustira harus mengetahui posisi atau level kinerja perawat RS Dustira Cimahi. Oleh karena itu, dibutuhkan upaya pengukuran produktivitas pada Rumah Sakit Dustira Cimahi sehingga dari hasil pengukuran tersebut perusahaan dapat menentukan tindakan dan kebijakan yang tepat untuk meningkatkan produktivitas sehingga target perusahaan dan kualitas yang diharapkan dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kerja perawat menggunakan metode Objective Matrix (OMAX) secara rasio terhadap sejumlah indikator yang digunakan. Pengumpulan data dilakukan baik menggunakan wawancara, kuesioner dan observasi. Berdasarkan hasil pengukuran dengan OMAX didapatkan hasil dimana pencapaian kinerja perawat belum maksimal dengan target ROA minimal yang ingin dicapai sebesar 6%. Usulan peningkatan kinerja yang seharusnya dilakukan adalah memperhatikan tingkat penerangan, penambahan jumlah pohon, pelatihan yang berkualitas, dan membuat kegiatan yang dapat mempererat hubungan antar karyawan. Kata Kunci: Objective Matrix (OMAX), kinerja, dan pelaksanaan manajerial.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 02 Sep 2020 06:56
Last Modified: 02 Sep 2020 06:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48789

Actions (login required)

View Item View Item