ADE HAFIL MULIAKOSWARA, NPM : 188010008 (2020) KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) KOTA BANDUNG PROVINSI JAWA BARAT. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.
Text
Artikel Ade Hafil Muliakoswara.doc Download (163kB) |
Abstract
Penelitian ini diawali oleh munculnya masalah kualitas pelayanan kesehatan di lingkungan Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bandung yang belum optimal. Oleh karena itu, focus penelitian ini diarahkan pada permasalahan mengapa kualitas pelayanan kesehatan di lingkungan Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bandung belum optimal. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan kesehatan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bandung Provinsi Jawa Barat . Adapun pendekatan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode deskriptif. Sedangkan data dan informasi diperoleh dari narasumber yang didukung dengan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obsevasi, wawancara, dokumen dan studi literatur. Adapun teknik analisis data yang digunakan melalui tiga tahapan, yakni (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan ataupun verifikasi Hasil penelitian menemukan bahwa pelayanan kesehatan, khususnya terkait dengan pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) belum berkualitas. Artinya pelayanan kesehatan tersebut belum sepenuhnya menerapkan prinsip Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy sehingga menyebabkan masyarakat menjadi tidak puas atas layanan yang diberikan. Kata Kunci : Kualitas pelayanan public, optimal, kepuasan masyarakat
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2018 |
Depositing User: | Mrs Lusiawati - |
Date Deposited: | 27 Aug 2020 04:40 |
Last Modified: | 27 Aug 2020 04:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48771 |
Actions (login required)
View Item |