MEMBANGUN PERSONAL BRANDING MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM : STUDI KASUS PADA AKUN @EXPLOREATORY

Risa Walidayah Ritonga, NPM. 178080005 (2020) MEMBANGUN PERSONAL BRANDING MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM : STUDI KASUS PADA AKUN @EXPLOREATORY. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Risa Walidayah Ritonga_MIK copy.docx

Download (67kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fitur jejaring media sosial Instragam akun @exploreatory untuk membangun personal branding. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana media sosial bisa menjadi salah satu media untuk membangun personal branding lewat fitur-fitur yang dimiliki oleh Instagram sebagai media sosial yang sedang popular saat ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan teori personal branding dengan informan tunggal yaitu pemilik akun instagram @exploreatory itu sendiri Erlangga Triputra. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi lapangan maupun observasi digital, studi pustaka, dokumentasi dan pencarian melalui situs web. Adapun teknik analisis data yang digunakan deskripsi, analisis dan interpretasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa akun @exploreatory membangun personal branding melalui media social Instragam dengan cara yang tepat dikarenakan apa yang menjadi dasar dari terbentuknya akun tersebut tercapai. Menjadi sumber informasi bagi pengikutnya untuk mendapatkan informasi kuliner, menjadi salah satu akun media social kuliner yang cukup berpengaruh dan membangun komunikasi dengan pihak restaurant untuk menjalin kerjasama yang bisa memberikan keuntungan berupa materi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah akun @exploreatory mencoba membangun personal branding melalui media social Intagram lewat pemilihan nama akun dan juga pemilihan konten yang focus membahas kuliner dan wisata. Konsisten menjadi kunci keberhasilan akun @exploreatory untuk membangun personal branding melalui media social Instagram. Akhirnya peneliti menyarankan bagi para pengguna media social untuk menggunakannya dengan cara yang bijak dan menjadikannya sebagai alat komunikasi terbarukan yang digunakan oleh masyarakat luas. Kata kunci : personal branding, Instagram, Media social, Abstrack

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 24 Aug 2020 01:52
Last Modified: 24 Aug 2020 01:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48749

Actions (login required)

View Item View Item