PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIKA BERDASARKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (COOPERATIVE LEARNING TYPE GROUP INVESTIGATION TO IMPROVE MATHEMATICAL LITERATION AND DISPOSITION BASED ON EMOTIONAL INTELLIGENCE OF MIDDLE SCHOOL STUDENTS)

Nia Kurniati, NPM :198040072 (2020) PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIKA BERDASARKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (COOPERATIVE LEARNING TYPE GROUP INVESTIGATION TO IMPROVE MATHEMATICAL LITERATION AND DISPOSITION BASED ON EMOTIONAL INTELLIGENCE OF MIDDLE SCHOOL STUDENTS). Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img]
Preview
Text
Artikel Ilmiah _Nia Kurniati_178060045.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

Rendahnya kemampuan literasi dan disposisi matematika siswa SMA Negeri 20 Bandung merupakan permasalahan yang menuntut pendidik untuk dapat menerapkan suatu model pembelajaran baru dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan metode campuran (mixed method) tipe embedded dengan Penelitian Tindakan Kelas dengan desain penelitian berbentuk pretest-posttest control grup design, yang bertujuan untuk melakukan studi yang berfokus pada pembelajaran kooperatif tipe group investigation yang diduga dapat meningkatkan kemampuan literasi dan disposisi matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 20 Bandung. Pemilihan sampel dilakukan dari populasinya secara purposif (purposive sampling) kelas XI MIPA-4 berjumlah 32 orang, diberikan perlakuan dengan pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan kelas XI MIPA-7 berjumlah 34 orang, dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan literasi matematika, angket kecerdasan emosional dan angket disposisi matematika dengan skala likert, lembar observasi, dan wawancara. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan literasi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan model pembelajaran konvensional, dengan rata-rata peningkatan kemampuan literasi matematika siswa kelas eksperimen lebih besar dari pada siswa kelas kontrol, yang artinya model pembelajaran kooperatif tipe group investigation lebih baik dari pada pembelajaran konvensional, (2) tidak terdapat hubungan antara kemampuan literasi dan disposisi matematika siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation, (3) gambaran disposisi matematika siswa yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan model kooperatif tipe group investigation sebagian besar siswa merespon positif dan lebih antusias di dalam kegiatan berdiskusi, menyampaikan gagasan didepan kelas sehingga siswa terlatih dalam menyampaikan idenya, (4) gambaran pembelajaran model kooperatif tipe group investigation memberikan respon yang positif, dan terdapat sebagian kecil siswa yang merespon negatif terhadap pembelajaran matematika, karena faktor penyebab yang mungkin yaitu waktu diskusi yang dirasakan kurang dan faktor dalam diri siswa sendiri. Kata Kunci: pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation, kemampuan literasi, disposisi matematika, kecerdasan emosional. A

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 07 Aug 2020 03:54
Last Modified: 07 Aug 2020 03:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48561

Actions (login required)

View Item View Item