ANALISIS PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA SEKRETARIAT DINAS SUMBER DAYA AIR PROVINSI JAWA BARAT

Dayum Sugandi, NPM : 188010015 (2020) ANALISIS PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA SEKRETARIAT DINAS SUMBER DAYA AIR PROVINSI JAWA BARAT. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Dayum Sugandi.docx

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada masalah pokok, yaitu Kinerja Pegawai Sekretariat Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat belum optimal. Hal ini diduga disebabkan oleh belum terciptanya Kompetensi Pegawai secara optimal terhadap kinerja para pegawai Sekretariat Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat melalui dimensi-dimensi Kompetensi Pegawai. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey deskriptif analisis yang menggambarkan fenomena sosial yang sedang terjadi dengan meneliti hubungan antara variabel Kompetensi Pegawai (variabel bebas) yang disimbolkan dengan X dengan variabel Kinerja Pegawai (variabel terikat) yang disimbolkan dengan Y. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif melalui penggunaan metode analisis jalur (Path Analysis) yang dimaksudkan untuk mengetahui besarnya dampak variabel Kompetensi Pegawai (X) terhadap variabel Kinerja Pegawai (Y) di Sekretariat Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat, baik secara simultan maupun secara parsial. Secara simultan mengungkapkan bahwa variabel Kompetensi Pegawai secara empirik telah memberikan pengaruh cukup besar dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai (54,2%). Artinya Kompetensi Pegawai pengaruhnya cukup dominan dan dapat menentukan tercapainya kinerja pegawai pada Sekretariat Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti mendeteksi beberapa variabel lain yang tidak diteliti (ε) yang ikut mempengaruhi kinerja pegawai Sekretariat Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat sebesar sebesar 45,8%. Kompetensi Pegawai secara parsial telah mempengaruhi terhadap kinerja pegawai di lingkungan Sekretariat Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat. Hal tersebut tercermin dari hasil penelitian secara empirik yang menggambarkan bahwa variabel Kompetensi Pegawai yang diukur melalui dimensi Task Skills (-8,68%), Task Management Skills (-1,92%), Contingency Management Skills (14,36), Job Role Environment Skills (7,49%), dan Transfer Skills (19,91%) berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Pegawai Sekretariat Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat, namun secara operasional belum sepenuhnya berjalan optimal, sehingga berimplikasi pada kinerja pegawai. Kata Kunci : Kompetensi, Kinerja.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 11 Jul 2020 02:13
Last Modified: 11 Jul 2020 02:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48230

Actions (login required)

View Item View Item