DESAIN LOKASI GUDANG HUB DAN OPTIMISASI RUTE DISTRIBUSI KENDARAAN ANGKUTAN PRODUK AIR MINERAL DALAM KEMASAN MENGGUNAKAN PARTICLE SWARM OPTIMIZATION (STUDI KASUS: PT. MUAWANAH AL-MASOEM)

BIMO MARTANTRI GUNARIANTO, Alumni and Nurman Helmi, ds (2019) DESAIN LOKASI GUDANG HUB DAN OPTIMISASI RUTE DISTRIBUSI KENDARAAN ANGKUTAN PRODUK AIR MINERAL DALAM KEMASAN MENGGUNAKAN PARTICLE SWARM OPTIMIZATION (STUDI KASUS: PT. MUAWANAH AL-MASOEM). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
Bimo Martantri Gunarianto-153010112-Teknik Industri.pdf

Download (308kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK PT. Muawanah Al-Masoem merupakan salah satu perusahaan penyedia Air Minum Dalam Kemasan (AMDK). Salah satu produk yang diproduksi adalah air mineral jenis cup 240 ml yang dikemas dalam kemasan karton dengan jumlah pada satu buah karton sebanyak 48 cup. Terdapat satu dari beberapa gudang distribusi yang dimiliki PT. Muawanah Al-Masoem, yaitu Depo Bandung yang harus melayani 64 ritel. Saat ini, perusahaan belum memiliki jadwal pendistribusian yang tetap dan rute distribusi yang tetap, sehingga pada setiap keberangkatan, kendaraan hanya melayani satu ritel dan kendaraan kembali ke gudang distribusi. Permasalahan utama pada penelitian ini yaitu untuk menentukan rute distribusi yang minimum, sehingga biaya distribusi yang dikeluarkan oleh perusahaan lebih kecil dibandingkan dengan kondisi saat ini. Terdapat empat langkah yang dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan di PT. Muawanah Al-Masoem. Pertama, pengelompokkan ritel (clustering) dengan metode Fuzzy C Means agar kapasitas angkut kendaraan dapat dimaksimalkan dalam melayani ritel tujuan. Kedua, penentuan fasilitas gudang antara dengan metode Hierarchical Location Problem agar diperoleh ritel yang akan dijadikan sebagai gudang distribusi di setiap cluster. Ketiga, penentuan rute distribusi metode Insertion Heuristic agar diperoleh rute distribusi dengan jarak terpendek dalam melayani ritel. Keempat, optimisasi dengan metode Particle Swarm Optimization agar diperoleh jarak rute distribusi yang lebih pendek dalam melayani ritel-ritel dalam setiap cluster. Hasil dari penyelesaian masalah pada penelitian ini, yakni diperoleh 8 cluster yang disesuaikan dengan jumlah demand dan kapasitas kendaraan serta terpilih salah satu ritel yang dijadikan gudang antara di setiap cluster. Lalu diperoleh rute distribusi yang optimal dari gudang pusat ke gudang antara dan dari gudang antara ke ritel tujuan. Dengan dilakukannya penyelesaian masalah tersebut, diperoleh reduksi biaya distribusi sebesar Rp 1.701.946 dengan efisiensi sebesar 28,41%. Kata Kunci: Vehicle Routing Problem, Capacited Vehicle Routing Problem, Fuzz C Means, Hierarchical Location Problem, Insertion Heuristic, Particle Swarm Optimization.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 06 Jul 2020 05:00
Last Modified: 06 Jul 2020 05:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48222

Actions (login required)

View Item View Item