Sali Alas Majapahit, DS (2015) ADOPSI MODEL CASE-BASED REASONING (CBR) PADA PENJADWALAN KULIAH DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PASUNDAN. Infomatek Volume 17 Nomor 2 Desember 2015, 17 (2). pp. 131-144. ISSN 1411-0865
|
Text
sali-01.pdf Download (614kB) | Preview |
Abstract
Abstrak: Penjadwalan kuliah merupakan kegiatan yang rutin dilakukan setiap adanya semester baru. Terdapat banyak varibel yang diperlukan untuk membuat sebuah jadwal kuliah diantaranya banyaknya dosen dan mahasiswa, serta terbatasnya ruangan dan waktu. Dapat dikatakan, masalah utama dari sebuah sistem penjadwalan ialah sumber daya yang terbatas. Konsep Case-Based Reasoning (CBR) merupakan konsep berbasis penalaran dan berbasis pengetahuan, dimana masalah yang ada akan diselesaikan, dicocokan dengan menggunakan pengalaman sebelumnya atau menggunakan pengetahuan yang terus diperbaharui.Penelitian ini dilakukan untuk membuat model yang dapat membantu dalam penjadwalan kuliah. Langkah-langkah yang dilakukan mulai dari identifikasi masalah yang terjadi, selanjutnya mengidentifikasi variabel yang terlibat, penetapan objektif sistem dan mendefinisikan functional dan non-functional menggunakan requirement catalogue, selanjutnyapembuatan model penjadwalan kuliah dan pengujian model penjadwalannya menggunakan aplikasi myCBR. Pengujian model dibagi menjadi 2 yaitu pertama berdasarkan jumlah mahasiswa dan kapasistas ruangan dan yang kedua berdasarkan mata kuliah.Penelitan ini menghasilkan model penjadwalan kuliah dengan menggunakan pendekatan CBR yang mudah-mudahan dapat menyelesaikan masalah-masalah yang sering terjadi saat penjadwalan kuliah di Fakultas Teknik Unpas. Kata kunci : Penjadwalan, Variabel Penjadwalan, Case Based-Reasoning, myCBR, Pengujian Model, Fakultas Teknik Unpas
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | JOURNAL |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2015 |
Depositing User: | Irwan Kustiawan Kosasih |
Date Deposited: | 03 Jun 2020 04:27 |
Last Modified: | 03 Jun 2020 04:28 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/47827 |
Actions (login required)
View Item |