PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT BERMUATAN NILAI KARAKTER MANDIRI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 TEMPURAN

Dedi Satibi, NPM : 178090011 (2020) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT BERMUATAN NILAI KARAKTER MANDIRI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 TEMPURAN. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Jurnal Tesis DEDI.docx

Download (121kB)

Abstract

Satibi, Dedi. 2020. Penggunaan model problem based learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Bermuatan Nilai Karakter Mandiri dan Pengaruhnya terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Tempuran. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. M. Didi Turmudzi, M. Si. (II) Dr. Hj. R. Panca Pertiwi Hidayati, M.Pd. Kata Kunci : berpikir kreatif , teks anekdot, model problem based learning Tujuan penelitian ini adalah a) mengetahui penerapan model problem based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran menulis teks anekdot bermuatan nilai karakter mandiri; b) mengetahui kemampuan peserta didik dalam menulis teks anekdot bermuatan nilai karakter mandiri yang menggunakan model problem based learning lebih baik dari peserta didik yang menggunakan model ekspositori; c) mengetahui perbedaan yang signifikan antara kemampuan peserta didik dalam menulis teks anekdot bermuatan nilai karakter mandiri pada kelas model problem based learning dan model ekspositori; d) mengetahui perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan model problem based learning dengan model ekspositori; e) mengetahui dampak model problem based learning dalam pembelajaran menulis teks anekdot bermuatan nilai karakter mandiri terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas X SMAN 1 Tempuran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi (mixed method) dengan jenis penelitian tipe Embedded desain. Penelitian ini meneliti bagaimana prosedur perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran menulis teks anekdot bermuatan nilai karakter mandiri dengan menggunakan model problem based learning dalam pembelajaran menulis teks anekdot bermuatan nilai karakter mandiri dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot bermuatan nilai karakter mandiri dan berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas X SMAN 1 Tempuran.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 04 Feb 2020 04:27
Last Modified: 04 Feb 2020 04:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/47516

Actions (login required)

View Item View Item