PENGARUH MEDIA SOSIAL TWITTER DAN CUSTOMER ENGAGEMENT TERHADAP KEPUASAN BOBOTOH PERSIB (THE EFFECT OF SOCIAL MEDIA TWITTER AND CUSTOMER ENGAGEMENT ON THE SATISFACTION OF BOBOTOH PERSIB)

Robby Rachman Nurdiantara, NPM : 178080027 (2019) PENGARUH MEDIA SOSIAL TWITTER DAN CUSTOMER ENGAGEMENT TERHADAP KEPUASAN BOBOTOH PERSIB (THE EFFECT OF SOCIAL MEDIA TWITTER AND CUSTOMER ENGAGEMENT ON THE SATISFACTION OF BOBOTOH PERSIB). Thesis(S2) thesis, Pascasarjana Unpas.

[img] Text
Jurnal Robby Rachman Nurdiantara.docx

Download (62kB)

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang semakin maju, membuat pola penggunaan komunikasi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau organisasi menjadi berubah. Media sosial menjadi salah satu media komunikasi yang sering digunakan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan khalayak atau konsumennya. Seperti yang dilakukan oleh tim sepakbola Persib Bandung yang memanfaatkan media sosial twitter melalui akun @persib untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan konsumennya yaitu bobotoh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media sosial twitter dan customer engagement terhadap kepuasan bobotoh persib. Pendekatan yang digunakan adalah paradigma kuantitatif dengan menggunakan metode survei serta teori komunikasi Media Richness Theory (MRT). Sedangkan instrument penelitian menggunakan kuesioner berupa google survey yang disebar secara online melalui twitter kepada bobotoh persib yang menjadi pengikut akun twitter @persib. Sampel penelitian yang diambil sebanyak 400 Responden sesuai dengan rumus Taro Yamane dengan tingkat presisi 5%. Kemudian hasil tanggapan responden tersebut dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial twitter berpengaruh signifikan terhadap kepuasan bobotoh persib, customer engagement berpengaruh signifikan terhadap kepuasan bobotoh persib serta media sosial twitter dan customer engagement berpengaruh signifikan terhadap kepuasan bobotoh persib. Kata kunci: Komunikasi, Media Sosial, Customer Engagement, Kepuasan Pelanggan, Bobotoh, Persib Bandung

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 23 Dec 2019 03:55
Last Modified: 23 Dec 2019 03:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/47421

Actions (login required)

View Item View Item