Heri Suryadi, 155060099 (2019) PENGARUH MODEL PROMBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN ( Penelitian Eksperimen di Kelas V Sd Negeri Cikawao 1 Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B. INDONESIA .pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B. INGGRIS.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (955kB) | Preview |
|
Text
BAB III .pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
Text
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi beradasarkan hasil observasi terhadap proses pembelajaran Tema 1 yang membahas mengenai “Manusia dan Lingkungan” pada kelas V di SD Negeri Cikawao 1 Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung, disimpulkan bahwa proses pembelajaran pada tema 1 di kelas tersebut masih menghadapi masalah yang perlu diselesaikan, salah satunya adalah belum optimalnya proses belajar siswa dalam pembelajaran tema 9 sehingga hasil belajar yang diperoleh tidak memuaskan. Dari hasil observasi tersebut, diperoleh data nilai rata-rata siswa SD Negeri Cikawao kelas V tahun pelajaran 2017/2018 terdapat 76% siswa dari 33 jumlah siswa mendapatkan nilai di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based learing (PBL) terhadap hasil belajar pada subtema manusia dan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuantitatif dengan jumlah sampel 61 siswa yang terdiri dari 33 orang sebagai kelompok eksperimen dan 28 orang sebagai kelompok kontrol, kelompok eksperimen akan diberikan perlakuan yaitu dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran, sedangkan untuk kelompok kontrol diberikan model pembelajaran ceramah. Penelitian dilaksanakan selama dua bulan dengan hasil penelitian dari hasil penghitungan uji-t adalah sebagai berikut, Pada hasil belajar diperoleh t hitung sebesar 15.489. Nilai t tabel dengan taraf kepercayaan 5% dan derajad kebebasan df(n-2)=59 adalah senilai 1.671. Maka diperoleh t hitung > t tabel. Sehingga berdasarkan kaidah kriteria pengambilan keputusan maka Ha diterima. Dengan kata lain Model Problem Based Learning (PBL) Memberikan Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Manusia Dan Lingkungan pada siswa kelas V di SD Negeri Cikawao 1 Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung. Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 09:25 |
Last Modified: | 25 Oct 2019 09:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46530 |
Actions (login required)
View Item |