SELVI PERMATA SARI, 155060018 (2019) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MANFAAT TUMBUHAN BAGI KEHIDUPAN MANUSIA (Penelitian Tindakan Kelas di SDN 3 Girimukti Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak indo.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak inggris.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (493kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (675kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (114kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model discovery learning pada subtema manfaat tumbuhan bagi kehidupan manusia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian ini peneliti menjadi guru yang melaksanakan kegiatan pembelajaran, sedangkan guru kelas III sebagai observer. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 3 Girimukti sebanyak 21 siswa. Hasil penelitian ini mencakup hasil belajar yang memuat aspek apektif, psikomotorik dan aspek kognitif. Sikap yang diteliti dalam penelitian ini ialah sikap peduli dan tanggung jawab, sikap peduli pada siklus I hanya mencapai 34% dengan kategori cukup, pada siklus II mencapai 62% dan pada siklus III mencapai 91% dengan kategori sangat baik. Sikap tanggung jawab siklus I hanya mencapai 21% dengan kategori cukup, pada siklus II mencapai 62% dengan kategori cukup, dan pada siklus III mencapai 91% dengan kategori sangat baik. Sedangkan pada aspek pengetahuan siswa di siklus I hanya mencapai 33% dengan kategori cukup, pada siklus II mencapai 66% dengan kategori cukup, dan pada siklus III mencapai 91% dengan kategori sangat baik. Pada keterampilan pada siklus I hanya mencapai 33% dengan kategori cukup, pada siklus II mencapai 62% dengan kategori cukup, dan pada siklus III mencapai 86% dengan kategori sangat baik. Dengan kata lain penelitian dengan judul penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema manfaat tumbuhan bagi kehidupan manusia dikatakan berhasil. Kata Kunci: Model Discovery Larning dan hasil Belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 07:17 |
Last Modified: | 25 Oct 2019 07:17 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46466 |
Actions (login required)
View Item |