Tangguh Putra Perkasa, 155060148 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF “KAHOOT” TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuasi Eksperimen di kelas V SD Negeri Giriharja 01 Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (650kB) |
||
Text
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
||
Text
Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (407kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan multimedia interaktif Kahoot terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Giriharja 01. 2) Untuk mengetahui Seberapa besar pengaruh signifikan penggunaan multimedia interaktif Kahoot terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Giriharja 01. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar yang kurang maksimal dan pemilihan media pembelajaran yang kurang sesuai dengan karakteristik peserta didik yang sudah mengenal dunia digital. Media pembelajaran menjadi salah satu faktor yang menunjang hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri Giriharja 01 Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 40 siswa dan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik “Non Probability Sampling Purposive Sampling” dimana menetapkan responden sebagai sample berdasarkan adanya tujuan tertentu atau kriteria-kriteria tertentu, bukan berdasar atas random dan strata. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Quasi Experiment dengan bentuk Nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, dengan teknik pengolahan data uji normalitas, uji linieritas, analisis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan multimedia interaktif Kahoot terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengolahan data bahwa hasil analisis regresi linier sederhana terdapat nilai signifikan sebesar 0.030<0.05 mengartikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan multimedia interaktif kahoot terhadap hasil belajar siswa.. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X (M ultimedia interaktif Kahoot) terhadap variabel Y (Hasil belajar peserta didik), maka digunakan koefisien determinasi dengan hasil perhitungan sebesar 23.7%. Maka dapat disimpulkan peggunaan multimedia interaktif Kahoot dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan besarnya pengaruh multimedia interaktif Kahoot terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 23.7%. Kata kunci : Multimedia interaktif Kahoot, Hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 06:50 |
Last Modified: | 25 Oct 2019 06:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46423 |
Actions (login required)
View Item |