Gina Septina, 155060055 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR (Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (404kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (0B) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (678kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (914kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (432kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas IV SD Negeri 1 Suntenjaya diperoleh informasi bahwa di kelas tersebut telah menggunakan”Kurikulum 2013. Akan tetapi proses pembelajaran di kelas IV terlihat kurang efektif, banyak siswa yang mengobrol saat pembelajaran berlangsung, kurang memperhatikan ketita guru sedang menjelaskan. Selain itu, pemanfaatan media pembelajaran yang kurang maksimal dikarenakan sulitnya menghadirkan media pembelajaran pada saat proses pembelajaran di kelas.”Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang hasil belajar siswa yang memperoleh Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and picture terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Suntenjaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasy Eksperimental Design, subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Suntenjaya dengan jumlah populasi 58 siswa. Sampel penelitian yaitu kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Picture And Picture, kelas IV-B sebagai kelas control menggunakan metode Ekspositori. Teknik analisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Linearitas, Uji Regresi Linear Sederhana, dan Uji t.Berdasarkan perolehan data yang peneliti peroleh bahwa ratarata nilai lebih tinggi kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol, terbukti pada pembelajaran 1 nilai post-test kelas eksperimen adalah 85 dan kelas kontrol 74,25 selisihnya adalah 10,7. Pada pembelajaran 3 nilai post-test kelas eksperimen adalah 81,5 dan kelas kontrol 71 selisihnya adalah 10,5. Pada pembelajaran 5 nilai post-test kelas eksperimen adalah 78.5 dan kelas kontrol 74 selisihnya adalah 4,5. Data dan pengujian yang telah dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Suntenjaya terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, terbukti dengan hasil Regresi Linear Sederhana data kelas eksperimen dan kelas kontrol melihat signifikansi sebesar 0,000<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa model Picture And Picture berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di kelas IV-A. Kata Kunci : Model Pembelajaran Picture And Picture, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 06:45 |
Last Modified: | 25 Oct 2019 06:45 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46421 |
Actions (login required)
View Item |