ARINI NUR FARIHA, 155040096 (2019) PENGGUNAAN WIKIPEDIA DALAM PEMBELAJARAN VIRUS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI DIGITAL DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRACT.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
8. RINGKESAN.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB 1.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB 2.pdf Download (452kB) | Preview |
|
Text
16. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (573kB) |
||
Text
17. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (619kB) |
||
Text
18. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
||
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang keterampilan abad 21 serta perkembangan teknologi. Peserta didik akan dihadapkan pada berbagai permasalahan kehidupan, salah satunya mereka akan bersaing dengan teknologi. Pendidik dituntut untuk dapat memberikan pembelajaran agar peserta didik memiliki kompetensi yang cukup untuk menghadapi permasalahan secara digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan keterampilan literasi digital siswa sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi Wikipedia di SMAN 19 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental. Data hasil penelitian diperoleh dengan pretest dan posttest, angket, observasi, dan penilaian karya tulis ilmiah yang berupa artikel. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes objektif pilihan ganda sebanyak 10 soal. Data hasil penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan software IBM SPSS 20.0 for windows melalui uji normalitas dengan uji statistik Shapiro-Wilk selanjutanya dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan one sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data hipotesis dari posttest menggunakan one sample t-test diperoleh nilai 0,000 atau nilai signifikansi <0,05, yang berarti hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis (H ) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi Wikipedia. Kemampuan literasi digital siswa yang dianalisis dari hasil pretest serta angket juga mengalami peningkatan. Berdasarkan penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan aplikasi Wikipedia pada konsep Virus dapat meningkatkan literasi digital dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Literasi digital,Hasil Belajar, Wikipedia, Virus.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 24 Oct 2019 07:38 |
Last Modified: | 24 Oct 2019 07:38 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46369 |
Actions (login required)
View Item |