ANALISA HASIL HEAT TREATMENT PADA PRODUK RODA KERETA API

Rizki Yanuar, 143030025 and Widiyanti Kwintarini, ds and Moch Iqbal Zaelana Muttahar, ds (2019) ANALISA HASIL HEAT TREATMENT PADA PRODUK RODA KERETA API. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Rizki Yanuar_143030025_Teknik Mesin.pdf

Download (172kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Roda kereta api merupakan jenis roda yang dirancang khusus untuk digunakan pada rel kereta api. Karena kereta api adalah kendaraan guided, yang berarti arahnya ditentukan oleh rel, maka profil atau struktur roda sangat penting. Pada saat ini sedang melaksanakan penelitian roda kereta api yang bertujuan untuk mengurangi produk impor roda kereta api. Material yang digunakan pada roda kereta api adalah baja karbon tinggi (high carbon steel) dimana besi dengan kadar karbon 0,7% memiliki struktur mikro dengan fasa perlit dan sementit. Besi karbon tinggi ( high carbon steel) memiliki sifat yang sangat kuat dan nilai kekerasan tinggi dibandingkan dengan baja karbon rendah (low carbon steel) dan baja karbon sedang (medium carbon steel). Namun disisi lain baja karbon tinggi (high carbon steel) juga memiliki keterbatasan diantaranya kurang tangguh, getas, dan sulit untuk proses pemesinan. Produk ini memiliki kekerasan tertinggi adalah pada saat proses heat treatment dan dilakukan proses quenching menggunakan oli dengan hasil nilai rata-rata kekerasan 683,33 HB (hardness Brinell). Hal tersebut diakibatkan karena terjadi karena terdapat fasa martensit dan ferit. Dimana fasa martensit muncul karena adanya pendinginan secara cepat oleh oli. Sehingga karbon bebas tidak sempat menyusun dengan baik, kemudian kumpul disatu tempat dengan karbon terlalu berlebihan itu yang dinamakan martensit. Material baja karbon tinggi akan dibandingan dengan baja chrome molybdenum. Akan tetapi dari dua material tersebut yang lebih baik adalah baja chrome molybdenum, dimana baja ini memiliki sifat lebih ulet dan tangguh, nilai kekerasan yang paling keras 447 HB tidak terlalu jauh dengan nilai kekerasan standar roda kereta api. Kata kunci : Material, Heat treatment, Struktur mikro, Pengujian kekerasan Brinell.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 24 Oct 2019 02:31
Last Modified: 24 Oct 2019 02:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46341

Actions (login required)

View Item View Item