PERILAKU KONSUMEN MUSIK TERHADAP KARYA PAYUNG TEDUH. ALDY RESTU PRAYOGA: 136040002

ALDY RESTU PRAYOGA (2019) PERILAKU KONSUMEN MUSIK TERHADAP KARYA PAYUNG TEDUH. ALDY RESTU PRAYOGA: 136040002. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.

[img] Text
SKRIPSI ALDY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Industri musik di Indonesia saat ini telah berkembang sangat pesat, hal ini terbukti dari banyaknya band atau musisi yang memproduksi karya mereka untuk kepentingan komersial.Perkembangan ini membuat industri musik dipandang sebagai sesuatu yang profitable.Namun demikian jika dicermati dari sisi genre, kompositoris, maupun aspek ekonomi maka perkembangan tersebut tidak serta merta terjadi pada berbagai genre.Pada era digital seperti saat ini, perkembangan teknologi begitu cepat, sehingga perubahan yang terjadi tidak saja dari cara memproduksi atau cara merekam, cara konsumen mengkonsumsi, dan cara pemasaran.Payung Teduh adalah salah satu kelompok band asal kota Jakarta yang terbentuk pada tahun 2007 dibawah naungan label Ivy League Musicyang dikelola secara swadaya atau independent label.Selama 2 sampai 3 tahun terakhir ini, karya mereka sangat digemari oleh publik, akan tetapi jika dicermati secara kompositoris karya mereka terkesan sederhana. Namun dengan kesederhanaan itu merekabanyak disukai.Berdasarkan pada fenomena tersebut, peneliti bermaksud melakukan penelitian terhadap perilaku konsumen yang mengkonsumsi karya musik yang dibuat oleh Payung Teduh.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.Penelitian kualitatif bertujuan untuk menjelaskan fenomena dengan sedalam-dalamnya melalui pengumpulan data sedalam-dalamnya. Penelitian ini tidak mengutamakan besarnya populasi atau sampling, bahkan samplingnya sangat terbatas.Langkah penting pertama sebelum analisis dilakukan adalah membubuhkan kode-kode pada materi yang diperoleh. Koding dimaksudkan untuk dapat mengorganisasi dan mensistemasi data secara lengkap dan mendetail sehingga data dapat memunculkan gambaran tentang topik yang dipelajari.Berdasarkan hasil penelitian kualitatif mengenai Perilaku Konsumen Musik Terhadap Karya Payung Teduh pada tahun 2018-2019, dapat ditarik kesimpulanyang mempengaruhi konsumen sehingga menyukai karya Payung Teduh sangat beragam, selain nadanya yang mudah diingat, lirik pada lagu-lagu Payung Teduh mudah difahami dan dapat mewakili perasaan juga mampu mempengaruhi emosi konsumen.Setelah mendengarkan musik Payung Teduh secara keseluruhan, konsumen dapat menagkap kesan beragam yaitu: enak didengar, adem, tenang, santai, unik, sederhana. Faktor-faktor itulah yang menjadi alasan konsumen menyukai karya Payung Teduh.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2018
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 23 Oct 2019 07:25
Last Modified: 23 Oct 2019 08:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46335

Actions (login required)

View Item View Item