PEMETAAN AKTIVITAS INDUSTRI “PENGOLAHAN IKAN X” DARI HULU KE HILIR MENGGUNAKAN METODA IDEF0 (STUDI KASUS : WILAYAH PANTAI INDRAMAYU JAWA BARAT)

MUHAMAD NUR AZIZ, 153010101 and CHEVY HERLI SUMERLI, DS (2019) PEMETAAN AKTIVITAS INDUSTRI “PENGOLAHAN IKAN X” DARI HULU KE HILIR MENGGUNAKAN METODA IDEF0 (STUDI KASUS : WILAYAH PANTAI INDRAMAYU JAWA BARAT). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Muhamad Nur Aziz_153010101_Teknik Industri.pdf

Download (376kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Indramayu merupakan daerah dengan jumlah nelayan terbanyak di Jawa Barat dengan jumlah nelayan mencapai 40.655 orang dari data Badan Pusat Statistik Jawa Barat 2016. Dengan data tersebut sehingga Kabupaten Indramayu dijadikan sebagai objek penelitian yang dilakukan yaitu tentang aktivitas industri perikanan tangkap yang ada di Indramayu dengan objek penelitian di tiga tempat Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) yaitu PPI Karangsong, PPI Eretan Kulon, PPI Eretan Wetan. Pada aktivitas proses bisnis aktual yang terjadi pada industri perikanan tangkap Indramayu dapat disimpulkan kepada 5 aktivitas utama yaitu aktivitas pendaratan ikan hasil tangkapan, aktivitas penanganan ikan di TPI, aktivitas pendistribusian, aktivitas pengolahan dan aktivitas pemasaran. Pada proses pemetaan proses bisnis industri perikanan tangkap khususnya ikan peperek, dimana ikan peperek ini merupakan ikan dengan harga termurah di tempat pelelangan ikan bahkan ikan peperek dianggap sebagai ikan sampah bagi sebagian nelayan untuk itu menarik untuk dilakukan penelitian terhadap ikan peperek tersebut apa yang menyebabkan ikan tersebut terjual murah, pemetaan aktivitas industri pengolahan ikan ini yaitu dipetakan dengan menggunakan metode IDEF0 untuk mengetahui aliran proses aktual yang sedang berjalan pada aktivitas perikanan tangkap ikan peperek yang digambarkan secara detail pada Bab IV pengolahan data. Dari hasil pemetaan yang telah dilakukan dapat memberikan informasi terkait stakeholder-stakeholder yang terdapat pada aktivitas industri perikanan tangkap Indramayu khususnya ikan peperek diantaranya yaitu juragan kapal, bakul, nelayan, intansi pemerintahan dan usaha pengolahan ikan. Sehingga dapat disimpulkan dari hasil penelitian ini bahwa ikan peperek tidak lagi dijadikan ikan sampah oleh para nelayan karna masih bisa terjual di tempat pelelangan ikan, dan juga saat ini ikan peperek menjadi bahan baku utama usaha pengolahan ikan. Kata Kunci : Aktivitas Industri, Pemetaan, Proses Bisnis, IDEF0

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 22 Oct 2019 04:22
Last Modified: 22 Oct 2019 04:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46275

Actions (login required)

View Item View Item