MUHAMMAD BADRUDDIN, 145030153 (2019) PEMBELAJARAN MENULIS PUISI MELALUI METODE SUGESTI-IMAJINASI DENGAN MEMERHATIKAN UNSUR PEMBANGUN PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK BINA WARGA KOTA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1 COVER.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
6 ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
7 ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
8 ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
14 BAB 1.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
15 BAB 2.pdf Download (379kB) | Preview |
|
Text
16 BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) |
||
Text
17 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
18 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
||
|
Text
19 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (373kB) | Preview |
Abstract
Judul dari penelitian ini adalah “Pembelajaran Menulis Puisi Melalui Metode Sugesti-Imajinasi dengan Memerhatikan Unsur Pembangun pada Peserta Didik Kelas X SMK Bina Warga Kota Bandung”. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: 1) Seberapa besar kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya di kelas X SMK Bina Warga?; 2) Seberapa besar kemampuan siswa dalam menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangun puisi pada peserta didik kelas X di SMK Bina Warga?; 3) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangun pada peserta didik kelas X di SMK Bina Warga sebelum dan sesudah guru menerapkan metode Sugesti-Imajinasi? Penelitian ini menggunakan model penelitian eksperimen yang pelaksanaannya menggunakan jenis eksperimen kuasi dengan desain the one group pretest-postest. Populasi penelitian ini terdiri dari 24 siswa yang merupakan siswa kelas X AP 1 SMK Bina Warga. Pengumpulan data berupa hasil tes belajar yang dilaksanakan sebelum dan setelah proses pembelajaran (tes awal dan tes akhir). Adapun hasil penelitiannya adalah sebagai berikut; (1) penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangun dengan menggunakan metode Sugesti-Imajinasi. Hal ini terbukti dari rata-rata nilai persiapan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,7; (2) siswa kelas X AP 1 SMK Bina Warga mampu melaksanakan pembelajaran menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangun dengan menggunakan metode Sugesti-Imajinasi. Hal ini dapat terbukti dari hasil tes awal dengan rata-rata 28,75 dan hasil tes akhir dengan rata-rata 92,91. Perbedaan ini menunjukkan selisih 28,33 sehingga menghasilkan peningkatan dari tes awal dan tes akhir sebesar 66,66. Perolehan dari nilai rata-rata sikap yaitu sebesar 3,01 dengan kategori nilai baik (B); (3) metode Sugesti-Imajinasi efektif digunakan dalam menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangun pada peserta didik kelas X di SMK Bina Warga. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung>ttabel yakni 4,90>2,34 pada tingkat kepercayaan 95% dan derajat kebebasan sebesar 24. Berdasarkan data penelitian, penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangun pada peserta didik kelas X di SMK Bina Warga terlaksana dengan baik dan berhasil. Kata Kunci: pembelajaran, menulis, teks puisi, unsur pembangun, metode sugesti-imajinasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 21 Oct 2019 07:33 |
Last Modified: | 21 Oct 2019 07:33 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46228 |
Actions (login required)
View Item |