ZAKY AINUL YAKIN, 155040081 (2019) IMPLEMENTASI WIKIPEDIA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDO.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (445kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (877kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (645kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (306kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang keterampilan abad 21 serta perkembangan teknologi. Namun pendekatan pembelajaran dan pemanfaatan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) sebagai langkah untuk meningkat kan kemampuan literasi digital peserta didik yang merupakan salah satu keterampilan abad 21 untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik belum diterapkan sepenuhnya di setiap sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran dengan penerapan Wikipedia pada Materi Keanekaragaman Hayati di SMA Pasundan 1 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental. Data hasil penelitian diperoleh dengan pretest dan posttest serta angket. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes objektif pilihan ganda sebanyak 10 soal. Data hasil penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan software IBM SPSS 20.0 for windows melalui uji normalitas dengan uji statistik Shapiro-Wilk selanjutanya dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan one sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data hipotesis dari posttest menggunakan one sample t-test diperoleh nilai 0,000 atau nilai signifikansi <0,05, yang berarti hipotesis (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran dengan penerapan Wikipedia. Kemampuan literasi digital peserta didik yang dianalisis dari hasil pretest serta angket juga mengalami peningkatan. Berdasarkan penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan Wikipedia pada Materi Keanekaragaman Hayati dapat meningkatkan Keterampilan literasi digital dan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Literasi Digital, Wikipedia, Hasil Belajar, Keanekaragaman Hayati
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 21 Oct 2019 07:18 |
Last Modified: | 21 Oct 2019 07:18 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46226 |
Actions (login required)
View Item |