DESAIN LOKASI GUDANG HUB BERBASIS RUTE PADA PT. PUPUK KUJANG WILAYA PEMASARAN III JAWA BARAT (STUDI KASUS : PT. PUPUK KUJANG CIKAMPEK)

NOFIARI, 153010129 and Muhammad Nurman Helmi, ds (2019) DESAIN LOKASI GUDANG HUB BERBASIS RUTE PADA PT. PUPUK KUJANG WILAYA PEMASARAN III JAWA BARAT (STUDI KASUS : PT. PUPUK KUJANG CIKAMPEK). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Nofiari_153010129_Teknik Industri.pdf

Download (484kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

manufaktur yang memproduksi pupuk kimia, salah satunya adalah pupuk NPK (PSO). merupakan salah satu anak perusahaan dari PT. Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC). Permasalahan yang dialami perusahaan yaitu ketidakmampuan dalam mendistribusikan pupuk NPK atau pupuk bersubsidi ke gudang lini III (gudang regional) sesuai dengan target atau permintaan dari gudang regional tersebut. Hal ini mengakibatkan terjadinya kelangkaan pupuk bersubsidi jenis pupuk NPK bagi para petani. Hal tersebut diakibatkan utilitas daya angkut kendaraan yang tidak dimanfaatkan dengan baik yang merupakan salah satu pemicu tidak efesiennya kegiatan distribusi pupuk NPK bersubsidi di perusahaan tersebut. Penentuan gudang antara (hub) dan penentuan rute distribusi angkutan pupuk NPK bersubsidi menjadi cara atau alternatif pemecahan masalah pada pendistribusian pupuk tersebut. Metode yang digunakan untuk metomenentukan lokasi gudang antara (hub) adalah menggunakan metode Location Routing Problem yaitu penggabungan dari permasalahan yaitu penempatan fasilitas dan penentuan rute terpendek. Penyelesaian permaslahan diawali dengan menentuan kelompok layanan dengan menggunakan metode Fuzzy C-Means, langkah selanjutnya adalah penentuan lokasi gudang antara (hub) berbasis rute terpendek, dalam penentuan rute menggunakan metode Insertion Heuristic, kemudian di optimalisasi dengan pendekatan tabu search algorithm. Hasil analisis dari penentuan gudang antara (hub), dibutuhkan tiga unit gudang yang berlokasi di Dawuan, Pasirhayam, dan Binong. Hasil yang diperoleh dari optimisasi rute memiliki total jarak tempuh sebesar 2276,7 Km. Dengan itu total biaya distribusi dalam periode tahun sebesar Rp 14.447.571.983,31 Sedangkan pada kondisi eksisting sebesar Rp 22.860.726.431,87 sehingga diperoleh penghematan biaya sebesar 37%. Kata Kunci : Fuzzy C-Means, Insertion Heuristic, Location Routing Problem, Tabu Search dan Minimasi Biaya Logistik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 21 Oct 2019 03:00
Last Modified: 21 Oct 2019 03:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46180

Actions (login required)

View Item View Item