PENERAPAN MODEL FLIPPED CLASSROOMUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

Dedi Syarif Mawardi, NPM : 168060063 (2019) PENERAPAN MODEL FLIPPED CLASSROOMUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel_Ded_fix.docx

Download (54kB)

Abstract

Hasil observasi, masalah yang dihadapi oleh guru SMP Negeri 2 Cibadak Kabupaten Sukabumi khususnya guru matematika adalah hasil belajar siswa yang kurang memuaskan,hal tersebut menuntut guru untuk dapat menciptakan dan menerapkan suatu pendekatan dalam pembelajaran yang tepat. Penelitian ini merupakan studi kuasi eksperimen dengan penelitian berbentuk pretes-postes kontrol grup design, yang bertujuan untuk melakukan studi yang berfokus pada penerapan model pembelajaran yang diduga dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis serta kemandirian belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPNegeri 2 Cibadak, Kabupaten Sukabumi dengan sampelnya diambil secara acak dua kelas, satu kelas diberikan perlakuan dengan pembelajaran modelFlipped Classroom dan kelas kedua dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis,serta angket kemandirian belajar matematika dengan skala likert. Analisis data menggunakan metode kuasi eksperimen (Quasi-Experiment). Berdasarkan analisis dapat disimpulan bahwa 1) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran modelFlipped Classroom lebih baik dari siswa dengan pembelajaran konvensional , 2) Kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran modelFlipped Classroom lebih baik dari siswa dengan pembelajaran konvensional, 3) Kemandirian belajar matematika siswa dengan pembelajaran modelFlipped Classroom lebih baik dari siswa dengan pembelajaran konvensional, 4) Terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman konsep dankomunikasi matematis siswa, 5) Terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa, 6) Terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa. Kata kunci: Flipped Classroom, Pemahaman Konsep Matematis, Komunikasi Matematis, Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 19 Oct 2019 07:25
Last Modified: 19 Oct 2019 07:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46160

Actions (login required)

View Item View Item