OPTIMISASI RUTE ANGKUTAN BARANG DALAM KOTA UNTUK MENURUNKAN BIAYA DISTRIBUSI DAN DAMPAK LINGKUNGAN DI KOTA BANDUNG PADA PT. XYZ

GITA ANGGITA LESTARI, 153010074 and Nurman Helmi, ds and Yogi Yogaswara, DS (2019) OPTIMISASI RUTE ANGKUTAN BARANG DALAM KOTA UNTUK MENURUNKAN BIAYA DISTRIBUSI DAN DAMPAK LINGKUNGAN DI KOTA BANDUNG PADA PT. XYZ. Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
GITA ANGGITA LESTARI-153010074-TEKNIK INDUSTRI.pdf

Download (729kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. XYZ ini merupakan jaringan ritel waralaba di Indonesia. PT. XYZ merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan seharihari dengan jumlah ritel sebanyak 68 yang tersebar di Kota Bandung. Pola pendistribusian PT. XYZ dalam memasok barang ke setiap ritel yaitu dengan pola acak (random). Dikarenakan perusahaan tidak memiliki jadwal yang tetap dalam pengalokasian kendaraannya, selain itu setiap ritel dilayani oleh satu kendaraan angkutan barang dari gudang pusat distribusi. Serta banyak terjadi kekosongan dalam kegiatan distribusi yang menjadikannya tidak efektif dan efisien. Saat ini perusahaan memiliki 68 kendaraan yang digunakan untuk mendistribusikan barang ke setiap ritelnya. Hal ini mengakibatkan jarak tempuh yang dihasilkan menjadi panjang dan berdampak pada waktu pelayanan yang lama, total biaya distribusi menjadi besar, serta emisi gas buang menjadi meningkat. Maka untuk mengatasi permasalahan pada PT. XYZ dilakukan usulan perbaikan terhadap kegiatan pendistribusian yang berguna untuk meminimasi pengeluaran biaya distribusi dan meningkatkan pendapatan perusahaan. Permasalahan utama penelitian ini adalah untuk menentukan optimisasi rute pada setiap kelompok ritel. Untuk menyelesaikan permasalahan penelitian ini maka dilakukan terlebih dulu pengelompokkan ritel (clustering) dengan metode K-Means agar kendaraan yang digunakan untuk pendistribusian menjadi lebih efektif dan efisien dalam melayani ritel-ritel. Kemudian penentuan lokasi fasilitas (gudang antara). Selanjutnya penentuan rute dengan metode Insertion Heuristic untuk mendapatkan rute dari cluster yang telah terbentuk sebelumnya. Tahap yang terakhir yaitu optimisasi rute atau perbaikan rute dari rute awal atau initial solution dengan menggunakan Ant Colony Optimization. Hasil dari usulan penyelesaian masalah pada PT. XYZ yaitu didapatkan 10 cluster yang mempertimbangkan demand dalam cluster yang disesuaikan pula dengan kapasitas kendaraan angkutan barang. Kemudian diperoleh pula rute yang optimal pada setiap clusternya dari gudang pusat ke gudang antara serta dari gudang antara ke setiap cluster. Dengan demikian hal ini dapat mengurangi jarak tempuh kendaraan angkutan barang yang berdampak pada pengurangan biaya distribusi barang serta emisi gas buang kendaraan. Sehingga didapatkan penurunan biaya distribusi kondisi saat ini dengan kondisi optimisasi yaitu sebesar Rp. 13.687.006,43 dengan efisiensi sebesar 55,90%. Kata Kunci : Capacity Vehicle Routing Problem, K-Means, P-Median, Insertion Heuristic, Ant Colony Optimization, Emisi Gas Buang Kendaraan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: Capacity Vehicle Routing Problem, K-Means, P-Median, Insertion Heuristic, Ant Colony Optimization, Emisi Gas Buang Kendaraan
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 19 Oct 2019 02:01
Last Modified: 19 Oct 2019 02:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46119

Actions (login required)

View Item View Item