PERILAKU KOMUNIKASI PENGGUNA PSIKOTROPIKA JENIS DUMOLID ( Studi Fenomenologi Pengguna Psikotropika Jenis Dumolid di Kota Bandung )

Yuni Yuniar Atmaja, NPM. 178080007 (2019) PERILAKU KOMUNIKASI PENGGUNA PSIKOTROPIKA JENIS DUMOLID ( Studi Fenomenologi Pengguna Psikotropika Jenis Dumolid di Kota Bandung ). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Yuni Yuniar Atmaja_MIK copy.docx

Download (40kB)

Abstract

Dumolid merupakan salah satu Psikotropika golongan IV, dan menurut data BNN 2017 dumolid adalah psikotropika yang memiliki pengguna cukup banyak beberapa tahun kebelakang, bahkan pengguna dumolid adalah mereka yang masih duduk di bangku sekolah. Harga Dumolid yang bisa dibilang murah dan terjangkau dibandingkan psikotropika jenis lain, yaitu sekitar 250.000 1 strip (10 tablet) sedangkan psikotropika jenis lain seperti happy five bisa mencapai 300.000 1 tablet membuat dumolid ini banyak digunakan oleh mereka yang ingin menyalahgunakannya bahkan hingga banyak yang kecanduan dengan psikotropika jenis ini. Penelitian ini diadakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana fenomena yang terjadi pada pengguna psikotropika jenis dumolid dilihat dari motifnya, tindakan, makna hingga perilaku komunikasi yang dilakukan oleh para pengguna psikotropika jenis dumolid ini khususnyapara pengguna yang tinggal di kota bandung. Pada penelitian ini menggunakan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan stufi fenomenologi Alfred Schutsz. Dan penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, studi kepustakaan, dokumentasi dan wawancara. Objek dalam penelitian ini adalah perilaku komunikasi dari para pengguna psikotropika jenis dumolid di Kota Bandung, mulai dari apa motif yang melatar belakanginya, tindakan yang dilakukan ketika menggunakan, makna terhadap psikotropika jenis dumolid itu sendiri hingga perilaku berkomunikasi mereka dengan orang lain. Saran dari peneliti berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan adalah harapan besar terhadap masyarakat terkhusus pada pihak penegak hukum dan masyarakat awam agar permasalahan penggunaan psikotropika ini harus lebih di perhatikan dan diawasi lagi lebih jauh, karena penggunaan psikotropika secara ilegal adalah salah satu permasalahan yang cukup berat dikalangan masyarakat di jaman sekarang, adanya penyuluhan terhadap penyalahgunaan psikotropika jenis dumolid akan sangat membantu masyarakat kita agar masyarakat yang belum pernah terjerumus bisa mengetahui terlebih dahulu setiap bahayanya dan tidak ikut terjerumus dalam pemakaian dumolid ataupun zat adiktif lainnya.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 18 Oct 2019 07:06
Last Modified: 18 Oct 2019 07:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46075

Actions (login required)

View Item View Item