ANALISIS TINGKAT KESALAHAN PENGGUNAAN MORFOLOGI PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS XI SMK DAN KESESUAIANNYA DENGAN TUNTUTAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERDASARKAN KURIKULUM SMK TAHUN 2013 EDISI REVISI

Siti Nurhayati, NPM : 158090011 (2019) ANALISIS TINGKAT KESALAHAN PENGGUNAAN MORFOLOGI PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS XI SMK DAN KESESUAIANNYA DENGAN TUNTUTAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERDASARKAN KURIKULUM SMK TAHUN 2013 EDISI REVISI. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Siti Nurhayati.docx

Download (0B)

Abstract

Nurhayati, Siti. “Analisis Tingkat Kesalahan penggunaan Morfologi Pada Karangan Narasi Siswa Kelas XI SMK dan Kesesuaiannya dengan Tuntutan Bahan Ajar Menulis Berdasarkan Kurikulum SMK Tahun 2013 Edisi Revisi.” Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Magister Pascasarjana, Universitas Pasundan Bandung. Pembimbing: (1) Dr. Hj. R. Panca Pertiwi Hidayati, M. Pd. (2) Dr. H. Kunkun Kurniadi Harnadi, M.Pd. Kata Kunci: Tingkat KesalahanMorfologi, Narasi, Pembelajaran Bahasa Indonesia Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya Tingkat kesalahan siswa dalam Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah bentuk kesalahan morfologi dalam karangan narasi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Rawamerta Kecamatan Rawamerta Kab. Karawang ? (2) Kesalahan Morfologi manakah yang terbanyak dilakukan siswa pada saat menulis karangan narasi ? (3) Apakah hasil penelitian dapat dimanfaatkan sebagai alternatif pembelajaran bahasa Indonesia di SMKN, khususnya di SMKN 1 Rawamerta ? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu dengan memberikan gambaran secara faktual dan akurat mengenai fakta-fakta yang berkaitan dengan: Mengidentifikasi kesalahan morfologi dalam karangan narasi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Rawamerta Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang berdasarkan jenis-jenis kesalahan, memilah jenis kesalahan berdasarkan jenis kesalahan morfologi manakah yang terbanyak yang dilakukan peserta didik pada saat menulis karangan narasi.Lembar kerja peserta didik yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran, mendeskripsikan hasil penelitian yang dapat dimanfaatkan sebagai alternatif bahan ajar menulis karangan narasi di SMKN 1 Rawamerta. Dari proses di atas diperoleh data, bahwa setelah dilakukannya analisis tingkat kesalahan penggunaan morfologi pada karangan narasi siswa kelas XI SMK, kemudian dijadikan bahan ajar. Tingkat kesalahan penggunaan morfologi pada karangan narasi siswa kelas XI tahun pelajaran 2018/2019, Berdasarkan hasil analisis terhadap 809 kalimat dan 17.994 kata dalam 30 karangan, tingkat kesalahan morfologi pada karangan narasi siswa adalah derivasi, kontaminasi, dan pleonasme. Dari ketiga tingkat kesalahan penggunaan morfologi yang paling banyak digunakan adalah pleonasme dan paling kecil yaitu derivasi.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 18 Oct 2019 03:02
Last Modified: 18 Oct 2019 03:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46055

Actions (login required)

View Item View Item