PERENCANAAN KEBUTUHAN BAHAN BAKU BAJA COIL DENGAN MENGGUNAKAN MATERIAL REQUIREMENTS PLANNING (MRP) (STUDI KASUS : PT. MARUICHI INDONESIA)

CHEPPY NURPAIDZI, 143010106 and Dadang Hendriana, DS and Putri Mety Zalynda, DS (2019) PERENCANAAN KEBUTUHAN BAHAN BAKU BAJA COIL DENGAN MENGGUNAKAN MATERIAL REQUIREMENTS PLANNING (MRP) (STUDI KASUS : PT. MARUICHI INDONESIA). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img] Text
Cheppy Nurpaidzi_143010106_Teknik Industri.pdf

Download (0B)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Maruichi Indonesia merupakan salah satu perusahaan manufaktur penyedia suku cadang plat kopling ganda (weight set clutch) untuk kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat. Jumlah produksi yang mengalami fluktuasi naik turun dialami perusahaan karena selalu menerima perubahan order yang cukup signifikan selama periode perencanaan produksi. Untuk mengatasi hal tersebut, perusahaan membuat kebijakan dengan menyimpan persediaan bahan baku sebesar 30% untuk masing-masing bahan baku baja coil. Kebijakan tersebut mengakibatkan penumpukan bahan baku baja coil ketika order yang diterima lebih kecil dari hasil peramalan. Di sisi lain, perusahaan akan mengalami kekurangan bahan baku ketika perubahan order yang diterima lebih besar dari hasil peramalan. Permasalahan ketersediaan bahan baku baja coil menjadi hal yang harus dikaji ulang untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Salah satu metode yang digunakan untuk merencanakan kebutuhan bahan baku baja coil adalah Material Requirements Planning (MRP). Metode ini menerjemahkan Master Production Schedule (MPS) yang telah divalidasi oleh Rought Cut Capacity Planning (RCCP) sebagai kebutuhan bahan baku. Hasil dari kebutuhan bahan baku baja coil adalah Planned Order Realease (PORLs) yang merupakan rencana pemesanan untuk memenuhi kebutuhan baja coil dari masing-masing produk weight set clutch setiap periodenya. Dengan menggunakan metode Material Requirements Planning (MRP), PT. Maruichi Indonesia dapat mengetahui jumlah kebutuhan bahan baku baja coil berdasarkan PORLs sesuai dengan kebutuhan proses produksi pada setiap periodenya sehingga dapat meminimalkan jumlah persediaan yang ada di gudang. Kata Kunci: weight set clutch, Material Requirements Planning, PORLs

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: weight set clutch, Material Requirements Planning, PORLs
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 18 Oct 2019 03:00
Last Modified: 18 Oct 2019 03:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46054

Actions (login required)

View Item View Item