EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTU APLIKASI INSTAGRAM PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

NIMAS GUMILANG AGESTI, 155040097 (2019) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTU APLIKASI INSTAGRAM PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (0B)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (0B)
[img] Text
7. Abstrak.pdf

Download (0B)
[img] Text
8. Abstract.pdf

Download (0B)
[img] Text
9. Ringkesan.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (0B)
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang kesulitan siswa dalam memahami pelajaran tentang jaringan tumbuhan dan kurangnya pemanfaatan teknologi smartphone dalam bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran berbantu aplikasi instagram pada materi jaringan tumbuhan dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan tanggapan siswa terhadap pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experiment dengan desain penelitian nonequivalenty control group design. Data hasil penelitian diperoleh dengan pretest dan posttest. Analisis data hasil penelitian menggunakan program software IBM SPSS Statistic 20.0, dari hasil analisis data posttest menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada pembelajaran menggunakan media gambar berbantu aplikasi instagram dengan pembelajaran menggunakan media gambar berbantu powerpoint. Pembelajaran menggunakan media gambar berbantu aplikasi instagram lebih baik untuk meningkatkan hasil belajar siswa, karena melalui aplikasi instagram siswa dapat melakukan aktivitas pengisian kuis, diskusi, memberikan tanggapan, dan melihat tugas atau karya yang telah dikerjakan, dengan begitu siswa menjadi lebih mudah untuk mengulang kembali pembelajaran kapanpun dan dimanapun. Pembelajaran menggunakan media gambar berbantu aplikasi instagram mendapatkan tanggapan positif dari siswa. Kata Kunci: Aplikasi Instagram, Jaringan Tumbuhan, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Oct 2019 02:33
Last Modified: 18 Oct 2019 02:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46045

Actions (login required)

View Item View Item