Ine Yohana, 152050056 (2019) ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN GOJEK VERSI HIPERSENSI DI YOUTUBE. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
Text
abstrak 3 bahasa.pdf Download (0B) |
|
Text
Daftar pustaka iney.pdf Download (0B) |
|
Text
BAB I ineyy.pdf Download (0B) |
|
Text
COVER iney.pdf Download (0B) |
|
Text
Pengesahan.pdf Download (0B) |
|
Text
BAB II ine.pdf Download (0B) |
Abstract
Penelitian ini berjudul Analisis Semiotika Iklan Gojek Versi “Hipersensi” di Youtube. Merupakan sebuah iklan dari Perusahaan Gojek yang memberikan tayangan penuh makna mengenai keadaan angkutan umum saat ini yang kurang aman dan nyaman bagi masyarakat pengguna jalanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna dari setiap simbol-simbol yang ditampilkan dalam iklan Gojek Versi “Hipersensi” yang ditanyangkan di YouTube. Pada penelitian ini makna yang diuraikan menjadi tiga makna sesuai dengan konsep Semiotika Charles Sander Pierce yaitu representamen, objek dan interpretan. Selain untuk mengetahui makna yang terkandung dari simbol-simbol yang ditampilkan, pada penelitian ini juga ditujukan untuk mengetahui bagaimana konstruksi realitas sosial yang coba dibangun melalui iklan tersebut. Iklan ini menggunakan pendekatan metode kualitatif, dengan pendekatan teori yang digunakan adalah teori semiotika Charles Sanders Pierce. Penelitian kualitatif memungkinkan penelitian untuk dijelaskan secara terperinci dan detail dengan gaya tulisan naratif. Data dan fakta yang ditemukan selama penelitian dijelaskan secara deskriftif kedalam bentuk paragaraf. Berdasarkan hasil penelitian ini makna yang terkandung menunjukan bahwa setiap simbol yang ditampilkan memiliki pemaknaan yang mengarah pada pesan sosial. Selain itu realitas sosial yang dibangun dalam iklan tersebut memiliki pengaruh sosial yang dapat merubah perilaku dan pandangan masyarakat. Makna yang tersirat dari iklan tersebut adalah mereka ingin menyampaikan bahwa pada saat ini posisi dan situasi keadaan tersedatnya atau bahkan terhentinya lalu lintas yang disebabkan banyaknya jumlah kendaraan melebihi kapasitas jalan. Dengan demikian, perusahaan Gojek mengharapkan bahwa masyarakat memberikan perhatian penuh terhadap pengguna jalanan saat ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 17 Oct 2019 07:38 |
Last Modified: | 17 Oct 2019 07:38 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46030 |
Actions (login required)
View Item |