ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN JD.ID AWAS KENA TIPU SMARTPHONE PALSU

Nanda Aldo Arifiansyah, 142050105 (2019) ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN JD.ID AWAS KENA TIPU SMARTPHONE PALSU. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB II -dikonversi.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB I-dikonversi.pdf

Download (0B)
[img] Text
6 abstrak -dikonversi.pdf

Download (0B)
[img] Text
img002.pdf

Download (0B)
[img] Text
1 COVERRR BISMILLAH-dikonversi.pdf

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini berjudul “ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN JD.ID AWAS KENA TIPU SMARTPHONE PALSU”. Iklan ini memiliki makna dan tanda-tanda yang dapat dimaknai sebagai wujud dalam memahami kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanda, petanda yang terdapat pada iklan JD.ID Awas Kena Tipu Smartphone Palsu, serta bagaimana realitas eksternal dalam iklan. Selain itu penelitian ini juga mencari tahu bagaimana penerapan dari iklan tersebut apakah masyarakat tertarik pada aplikasi JD.ID atau tidak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data yang diperoleh melalui wawancara dan observasi langsung ke lapangan untuk mencari data fakta yang terjadi dilapangan, dan melalui studi pustaka. Serta menggunakan analisis semiotika Ferdinand De Sauusure untuk menganalisis makna-makna yang terdapat dalam setiap adegan dalam iklan. Dengan mengacu pada teori pendukung konstruksi realitas sosial Peter L. Berger dan Thomas Luckman. Hasil dari penelitian ini, maka penulis mengetahui bahwa dalam iklan JD.ID Awas Kena Tipu Smartphone Palsu ini memiliki makna penanda dan petanda dalam setiap adegannya. Serta banyak kaitan dengan realitas dalam kehidupan di masyarakat. Sehingga pesan yang disampaikan dapat dipahami masyarakat. Selain itu hasil penelitian tentang iklan tersebut sudah terlihat menarik bagi masyarakat namun iklan tersebut masih dipandang kurang menarik oleh beberapa masyarakat dikarenakan iklan tersebut terlalu berlebihan dalam membandingkan produknya dengan kompetitornya. Adapun saran dari peneliti disini adalah untuk para kreator dan agensi iklan terutama bagi JD.ID untuk kedepannya ciptakanlah iklan-iklan yang berkualitas, menarik, kreatif dan mudah dipahami oleh masyarakat, agar masyarakat tidak ragu untuk menggunakan aplikasi JD.ID dan juga membuat iklan yang mudah diingat oleh khalayak.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2014
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 17 Oct 2019 07:13
Last Modified: 17 Oct 2019 07:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46024

Actions (login required)

View Item View Item