PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE CIRC DALAM PEMBELAJARAN MENYUSUN IKHTISAR DAN DAMPAKNYA TERHADAP PEMAHAMAN TEKS BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 1 CIKAUM SUBANG

DELI HERNAWAN, NPM : 158090017 (2019) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE CIRC DALAM PEMBELAJARAN MENYUSUN IKHTISAR DAN DAMPAKNYA TERHADAP PEMAHAMAN TEKS BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 1 CIKAUM SUBANG. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Deli Hernawan.docx

Download (0B)

Abstract

Deli Hernawan, 2019.Penerapan Model Cooperative Learning Tipe CIRC Dalam Pembelajaran Menyusun Ikhtisar dan Dampaknya Terhadap Pemahaman Teks Berita Pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Cikaum Subang. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung, Pembimbing: (I) Dr. Hj. R. Panca Pertiwi Hidayati, M.Pd, (II) Dr. H. Kunkun K. Harnadi, M.Pd Kata Kunci: Model Cooperative, CIRC, Menyusun Ikhtisar, Teks Berita. Model cooperative tipe CIRC merupakan sebuah model pembelajaran kooperatif yang menggabungkan kegiatan membaca dan menulis sehingga bisa memahami sebuah bacaan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyusun ikhtisar, pemahaman teks berita, serta korelasi atau hubungan antara kemamuan menyusun ikhtisar yang menerapkan model kooperatif tipe CIRC terhadap pemahaman teks berita. Penelitian dilakukan dengan menentukan dua sampel kelas yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas eksperimen yang menerapkan model cooperative tipe CIRC dan kelas kontrol yang menerapkan metode konvensional.Penelitian ini menerapkan metode campuran (mix method).Instrumen yang digunakan berupa lembar soal menyusun ikhtisar dan pemahaman teks berita, lembar observasi aktivitas didik serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kemampuan menyusun ikhtisar peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada kelompok kelas kontrol dengan perbandingan nilai rata-rata 82,03 berbanding 75,34, 2) pemahaman peserta didik terhadap teks berita jauh lebih baik pada peserta didik kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol dengan perbandingan nilai rata-rata pemahaman teks berita yaitu 78,63 berbanding dengan 72,69, serta 3) terdapat korelasi atau hubungan antara kemampuan menyusun ikhtisar yang menggunakan model CIRC dikelas eksperimen terhadap pemahaman teks berita yaitu sebesar 11,8%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran cooperative tipe CIRC bisa meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyusun teks ikhtisar serta memberikan dampak positif terhadap pemahaman teks berita.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 17 Oct 2019 06:33
Last Modified: 17 Oct 2019 06:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46017

Actions (login required)

View Item View Item