PERANCANGAN PROTOTYPE APLIKASI SISTEM PENGELOLAAN GUDANG PENJUALAN UNTUK PRODUK STATIONERY (Studi Kasus: PT. Solo Murni Cabang Kota Bandung)

ADHITIO SIGIT PUTRANTO, 153010107 (2019) PERANCANGAN PROTOTYPE APLIKASI SISTEM PENGELOLAAN GUDANG PENJUALAN UNTUK PRODUK STATIONERY (Studi Kasus: PT. Solo Murni Cabang Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img] Text
Adhitio Sigit_153010107_Teknik Industri.pdf

Download (0B)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi di Indonesia semakin hari semakin berkembang pesat, menuntut para pelaku bisnis untuk mengikut perkembangan tersebut sehingga haruslah dibuat inovasi-inovasi demi kelancaran proses bisnis yang ada di perusahaannya. Pemanfaatan teknologi dalam perusahaan tentunya berhubungan dengan hal-hal penting, seperti penyaluran informasi, pengaturan sistem, dan lainlain. Atau, singkatnya suatu perusahaan memerlukan sebuah konsep Sistem Informasi Manajemen yang tepat demi mendukung jalannya proses bisnis di perusahaan tersebut. PT. Solo Murni merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri stationery atau Alat Tulis Kantor (ATK), dengan merk produk terkenalnya yaitu “KIKY”. Mempunyai banyak anak cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, salah satunya berada di Kota Bandung, Jawa Barat. Anak cabang yang ada di Kota Bandung ini, merupakan pergudangan tempat produk keluar dan masuk setiap harinya. Dalam mendukung jalannya proses bisnis yang ada di PT. Solo Murni Cabang Kota Bandung, perusahaan mempunyai sebuah konsep SIM, namun SIM yang terdapat saat ini dirasa kurang baik dan kurang dapat menunjang jalannya proses bisnis. Konsep SIM saat ini juga dapat menimbulkan beberapa masalah akibat penyaluran informasi yang kurang baik antar pihak yang terkait atau stake holder di perusahaan. Perusahaan saat ini masih banyak menerapkan cara manual (tidak terkomputerisasi secara otomatis) dalam menerapkan konsep SIM sehingga menimbulkan banyak masalah seperti tidak cocoknya pendataan barang masuk dan keluar, dan beberapa masalah lainnya. Oleh karena itu, dilakukan perancangan konsep SIM yang mengikuti perkembangan teknologi saat ini, yaitu dengan pembuatan prototype aplikasi sistem pengelolaan gudang yang berguna mengembangkan konsep SIM saat ini yang ada di perusahaan dan mengatur jalannya proses bisnis di pergudangan sesuai dengan konsep pengelolaan gudang penjualan. Perancangan dan pembangunan konsep SIM pergudangan PT. Solo Murni dilakukan dengan merancang SIM secara umum dan rinci, yakni melakukan analisis sistem yang sedang berjalan dan melihat segala permasalahan yang timbul, kemudian membuat usulan perbaikan menggunakan alat bantu Sistem Informasi Manajemen, diantaranya menggunakan UML (Unified Modeling Language). Selain itu dibuat juga rancangan tampilan antarmuka agar prototype aplikasi dapat merepresentasikan seluruh informasi yang dibutuhkan di perusahaan. Kata kunci : Konsep SIM, Sistem Informasi Manajemen, Pergudangan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: Konsep SIM, Sistem Informasi Manajemen, Pergudangan.
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 17 Oct 2019 05:58
Last Modified: 17 Oct 2019 05:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46010

Actions (login required)

View Item View Item