STRATEGI KOMUNIKASI PT. PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAWA BARAT DALAM SOSIALISASI KEBIJAKAN SUBSIDI TEPAT SASARAN MELALUI PRESS CONFERENCE “FORUM REDAKTUR”

Ali Rizal Widjaya AS, 172050387 (2019) STRATEGI KOMUNIKASI PT. PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAWA BARAT DALAM SOSIALISASI KEBIJAKAN SUBSIDI TEPAT SASARAN MELALUI PRESS CONFERENCE “FORUM REDAKTUR”. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
BAB 2.pdf

Download (0B)
[img] Text
ABSTRAK DAN KATA PENGANTAR.pdf

Download (0B)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (0B)
[img] Text
COVER.pdf

Download (0B)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (0B)
[img] Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dalam Sosialisasi Subsidi Tepat Sasaran melalui Press Conference “Forum Redaktur” dengan dosen pembimbing Dr. Sutrisno., M. Si. Masalah subsidi pada masyarakat Indonesia ini belum merata dan tidaklah tepat sasaran, masih banyak warga mampu yang menerima subsidi listrik dan sebaliknya masih terdapat masyarakat miskin yang membutuhkan subsidi listrik namun tidak mendapatkan subsidi dari Pemerintah. Tujuan pengamatan ini adalah untuk mengetahui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan forum redaktur yang dilakukan oleh Humas PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat. Mengetahui akan Strategi komunikasi Humas PT. PLN dalam menyampaikan Sosialisasi Subsidi Listrik Tepat Sasaran kepada media dan juga masyarakat. Teori yang digunakan adalah Teori Strategi Komunikasi dari Effendy dalam memecahkan permasalahan yang terjadi dan menggunakan Metode Kualitatif Deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka, wawancara yang mendalam, observasi, dan data sekunder. Hasil pengamatan menunjukan bahwa proses perencanaan forum redaktur yang dilakukan oleh Humas PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat di tahap perencanaan dilakukan dengan merancang topik dan tujuan kegiatan, menyiapkan tempat penyelenggaraan forum redaktur, menentukan media yang akan diundang, menentukan narasumber, dan menentukan souvenir atau press kit. Pelaksanaan dapat diketahui bentuk-bentuk kegiatan forum redaktur yang meliputi sesi ramah tamah dan makan siang bersama sesi forum redaktur, sesi tanya jawab, dan sesi foto bersama. Dan di tahap evaluasi dilakukan dengan menghitung kehadiran pers/media, menganalisis respon pers/media yang hadir, media monitoring, faktor pendukung kegiatan forum redaktur, dan faktor penghambat kegiatan forum redaktur. Simpulan Strategi Komunikasi dalam kegiatan forum redaktur oleh Humas PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dimulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sesuai dengan tujuan awal yang diinginkan. Adapun saran yang dapat penulis berikan yaitu, memaksimalkan evaluasi kegiatan forum redaktur sehingga dapat mengoptimalkan evaluasi media monitoring. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Media Relations, Kelistrikan, Program Sosialisasi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 17 Oct 2019 01:38
Last Modified: 17 Oct 2019 01:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45985

Actions (login required)

View Item View Item