PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENULIS TEKS CERITA FANTASI BERMUATAN NILAI KEJUJURAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUANBERPIKIR KREATIFSISWA KELAS VII MTs NEGERI 3 PURWAKARTATAHUN PELAJARAN 2018-2019

Reza Akbar Nugraha, NPM : 178090012 (2019) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENULIS TEKS CERITA FANTASI BERMUATAN NILAI KEJUJURAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUANBERPIKIR KREATIFSISWA KELAS VII MTs NEGERI 3 PURWAKARTATAHUN PELAJARAN 2018-2019. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
JURNAL TESIS ISI REZA.docx

Download (34kB)

Abstract

Akbar Nugraha, Reza. 2019. Penggunaan Media Gambar dalam Menulis Teks Cerita Fantasi Bermuatan Nilai Kejujuran dan Dampaknya terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Siswa MTsN 3 Purwakarta Tahun Pelajaran 2018-2019. Program studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung. Pembimbing (I) Prof. Dr. H.M. Didi Turmudzi, M.Si (II) Dr. Hj. Panca Pertiwi Hidayati, M.Pd. Tujuan Penelitian ini adalah (a) mengetahui kemampuan menulis teks cerita fantasi bermuatan nilai kejujuran pada peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol; (b) mengetahui perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan media gambar dengan yang tidak menggunakan media gambar; (c) mengetahui penggunaan media gambar dalam pembelajaran menulis fantasi bermuatan nilai kejujuran berdampak pada kemampuan berpikir kreatif peserta didik.Penelitian ini menggunakan mix method atau menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif dalam pengolahan data. Penelitian ini menyajikan hasil pembelajaran menulis teks cerita fantasi bermuatan nilai kejujuran dan dampaknya terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, didapat kesimpulan bahwa pembelajaran menulis teks cerita fantasi bermuatan nilai kejujuran dan dampaknya terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Selain itu juga dapat menjadi alternatif pemilihan metode pembelajaran di kelas. Terbukti dari hasil pretes rata-rata peserta didik kelas eksperimen mendapatkan 52,5, sementara perolehan rata-rata nilai postes 85,8 yang menunjukan kenaikan nilai. Begitu pula dengan nilai rata-rata pretes berpikir kreatif peserta didik yaitu 53,1, sementara nilai rata-rata postes 80,8, juga menunjukan kenaikan. Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Fantasi, Nilai Kejujuran, Menulis Pembelajaran, Media Gambar.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 14 Oct 2019 06:28
Last Modified: 14 Oct 2019 06:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45891

Actions (login required)

View Item View Item