PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN PENGETAHUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMK

Iin Solihin, NPM : 168090001 (2019) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN PENGETAHUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMK. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
jurnal iin.docx

Download (111kB)

Abstract

Iin Solihin, 2019.Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Menulis Teks Drama dan Dampaknya Terhadap Kemampuan Pengetahuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 1 Subang. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung, Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Rully Indrawan, M.Si (II) Dr. H. R. Panca Pertiwi Hidayati, M.Pd Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Menulis Teks Drama, Brainstroming, Berpikir Kreatif, Penelitian Mix Methode. Model Problem Based Learning merupakan sebuah model pembelajaran yang berbasis masalah untuk penggunaan berbagai macam kecerdasan yang diperlukan dalam melakukan konfrontasi terhadap tantangan dunia nyata serta kemampuan untuk menghadapi segala sesuatu yang baru dan kompleksitas yang ada sehingga memberikan kesempatan peserta didik dalam mengeksplore kemampuan berpikirnya dengan menghadapi dan memecahkan permasalahan yang ada. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui proses pembelajaran serta kemampuan menulis teks drama yang menerapkan model problem based learning serta metode brainstroming, mengetahui perbedaan pengaruh dari model dan metode tersebut, serta mengetahui dampak model problem based learning terhadap kemampuan pengetahuan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran menulis teks drama. Penelitian dilakukan terhadap sampel dua kelas.Satu kelas pembandingnya merupakan kelas yang menerapkan metode brainstroming.Penelitian ini menerapkan metode campuran (mix method).Instrumen yang digunakan berupa lembar soal menulis teks teks drama, lembar observasi aktivitas dan angket. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) proses penerapan model pembelajaran menerapkan model problem based learning berjalan baik dan memberikan hasil yang lebih baik terhadap kemampuan menulis teks drama, 2) kemampuan menulis teks drama peserta didik yang melalui model pembelajaran problem based learning mengalami peningkatan kemampuan menulis teks drama dibandingkan sebelum penerapan model problem based learning dengan peningkatan kemampuan rata-rata dari 65,44 menjadi 80,28. 3) Kemampuan menulis teks drama yang menerapkan model pembelajaran problem based learning lebih baik dairpada peserta didik yang menerapkan metode brainstroming dengan perbedaan rata-rata sebesar 80,28 berbanding 74,59, 4) Model pembelajaran problem based learning memberikan dampak signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif secara signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 14 Oct 2019 06:20
Last Modified: 14 Oct 2019 06:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45889

Actions (login required)

View Item View Item