PEMBELAJARAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS LEGENDA DAERAH SETEMPAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTERGRATED READING AND COMPOSITION ( CIRC) PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 1 SAGALAHERANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

DHITIA NURSANTIARA A.H, 155030031 (2019) PEMBELAJARAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS LEGENDA DAERAH SETEMPAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTERGRATED READING AND COMPOSITION ( CIRC) PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 1 SAGALAHERANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRACT.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. RINGKESAN.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB 1.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB III.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id

Abstract

Menelaah termasuk ke dalam keterampilan membaca karena hal pertama yang akan dilakukan sebelum menelaah suatu teks yaitu membaca. Membaca merupakan suatu kegiatan untuk menerima informasi melalui tulisan. Penulis tertarik melakukan penelitian mengenai “Pembelajaran Menelaah Struktur dan Kaidah Kebahasaan Legenda daerah setempat dengan Menggunakan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition Kelas VII SMP Negeri 1 Sagalaherang Tahun Pelajaran 2018/2019”. Permasalahan yang diajukan adalah: (1) Bagaimanakah kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan legenda daerah setempat sebelum menggunakan metode CIRC ?, (2) Bagaimanakah kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan legenda daerah setempat sesudah menggunakan metode CIRC ?, (3) Adakah perbedaan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan legenda daerah setempat antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen ? (4) Efektifkah metode CIRC untuk meningkatkan kemampuan peserta didik menelaah struktur dan kebahasaan legenda daerah setempat ? Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian one group pretest-posttest design. Adapun hasil penelitiannya adalah: (1) peserta didik mampu mengikuti pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan legenda daerah setempat sebelum menggunakan metode CIRC, (2) peserta didik mampu mengikuti pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan legenda daerah setempat sesudah menggunakan metode CIRC, (3) Ada perbedaan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan legenda daerah setempat antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen (4) Metode CIRC efektif untuk meningkatkan kemampuan peserta didik menelaah struktur dan kebahasaan legenda daerah setempat.Terlihat dari hasil perhitungan statistik : (1) pada pelaksaan pretest, kelas eksperimen memperoleh nilai ratarata sebesar 70,8, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 68,2, (2) pada pelaksaan posttest, kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 85,5, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 73,8, (3) perhitungan thitung untuk kelas eksperimen dengan nilai t hitung sebesar 9,48, sedang kelas kontrol dengan nilai thitung sebesar 1,62), (4) penggunaan metode CIRC efektif digunakan, karena telah menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta didik secara signifikan. Berdasarkan data dari penelitian, maka disimpulkan bahwa penelitian terlaksana dengan baik. Kata kunci: CIRC, kebahasaan, legenda, menelaah, pembelajaran, struktur teks.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 14 Oct 2019 06:10
Last Modified: 14 Oct 2019 06:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45888

Actions (login required)

View Item View Item