IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN MODEL THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK SMP

Desi Purnamasari, NPM : 168060051 (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN MODEL THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK SMP. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel DEsi Purnamasari.docx

Download (0B)

Abstract

Desi Purnamasari (2019).Implementasi Pembelajaran Dengan Model Think Talk Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Serta Motivasi Belajar Pada Peserta Didik SMP Matematika merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang diajarkan di setiap jenjang pendidikan.Kemampuan pemahaman matematis dan komunikasi matematissangat diperlukan peserta didik dalam memahami matematika.Namun kemampuan pemahman matematis dan kemampuan komunikasi matematis siswa ternyata masih rendah.Dilihat berdasarkan hasil wawancara pada salah satu guru sekolah SMP di temapat peniliti. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis adalah model pembelajaran Think Talk Write.Menurut metodenya, penelitian ini adalah penelitian mixed method.Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Pasundan 4 Bandung tahun ajaran 2018-2019.Adapun sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII SMPN Satu Atap Pebayuran sebanyak dua kelas yang dipilh secara acak menurut kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes tipe uraian soal-soal kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis dan angketmotivasi belajar yang menggunakan model Skala Likert. Skala sikap berisikan pernyataan-pernyataan mengenai pelajaran matematika, model pembelajaranThink Talk Write, dan motivasi belajar.Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t dan anova dua jalur melalui program SPSS 23.0 for Windows yaitu dengan menggunakan Independent Sample t-Tes. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: perbedaan rerat peningkatan kemampuan pemhaman dan komunikasi matematis yang mendapatkanmodel pembelajaran Think Talk Write lebih baik daripada siswa yang mendapatkanmodel pembelajaran ekspositori; sedangkan motivasi belajar peserta didik yang mendapat model pembelajaran Think Talk Write tidak lebih baik dibandingkan dengan peserta diidk yang mendapat model pembelajaran ekspositori. Oleh karena itumodel pembelajaran Think Talk Write dapat dijadikan suatu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk menciptakan suasana belajar yang aktif, efektif dan menyenangkan. Kata kunci: Kemampuan Pemhaman Matematis, Kemammpuan Komunikasi Matematis, dan Motivasi belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 12 Oct 2019 06:17
Last Modified: 12 Oct 2019 06:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45712

Actions (login required)

View Item View Item